Scroll to Top

Profil Tim Formula 1: Red Bull Racing

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 20 Aug 2011
Red Bull Profile
Red Bull Racing
  • Nama : Red Bull Racing Team
  • Negara Asal : Austria
  • Markas : Milton Keynes, United Kingdom
  • Berdiri : 2005
  • Prinsipal Tim : Christian Horner
  • Pembalap : David Coulthard (2005-2008), Christian Klien (2005), Mark Webber (2007 – Sekarang), Sebastian Vettel (2009-Sekarang)
  • Staf Tim : Adrian Newey (Kepala Bidang Teknik), Peter Prodromou (Kepala Aerodinamik), Rob Marshall (Kepala Desain)

Red Bull Racing resmi berdiri pada tahun 2005 setelah pada November 2004 perusahaan minuman energi tersebut membeli sebuah tim Formula 1 yang dulu bernama Jaguar Racing. Christian Horner kemudian diberi kepercayaan untuk memimpin tim ini sebagai prinsipal tim.

Di musim perdananya, Red Bull tampil menggunakan mesin buatan Cosworth yang dikenal dengan nama RB1 dengan pembalapnya David Coulthard dan Christian Klien. Hasilnya cukup memuaskan, Red Bull finis di posisi tujuh raihan poin konstruktor f1 2005.

Di tahun 2006, Mereka mengontrak mekanik handal Adrian Newey untuk menangani mesin baru V8 dari Ferrari. Hasil yang mereka raih tidak terlalu baik. Red Bull hanya mampu mengumpulkan 16 poin dan berada di posisi yang sama seperti tahun 2005. Meskipun begitu, David Coulthard sukses mencatatkan podium perdana buat Red Bull di Monaco.

Di tahun 2007, Merupakan tahun pertama campur tangan Newey pada desain mobil yang dinamai RB3. Mobil itu tidak lagi menggunakan mesin Ferrari melainkan Renault. Mereka juga merekrut Mark Webber menjadi rekan satu tim David Coulthard.

Red Bull Drivers
Red Bull Driver Sebastian Vettel & Mark Webber

Tahun 2008, bisa jadi musim yang paling mengecewakan bagi Red Bull. Meski menggunakan sasis yang sama , Mereka malah kalah bersaing dari tim satelit mereka Toro Rosso yang menggunakan mesin Ferrari.

Tahun 2009, Red Bull mulai menemukan performanya. Melalui formasi pembalap Sebastian Vettel dan Mark Webber, Red Bull mencatatkan lima kemenangan. Red Bull menjadi pesaing tunggal Brawn GP yang kala itu mendominasi.

Tahun 2010, merupakan puncak kejayaan mereka. Masih menggunakan mobil yang didesain oleh Newey, Red Bull menghadapi masalah kehandalan meskipun dari segi kecepatan mereka sangat hebat. Di akhir musim, Red Bull sukses menggondol gelar juara konstruktor dan pembalap.

Sekarang Red Bull mendominasi musim 2011 dengan RB7 nya. Vettel mencatat enam kemenangan dan tujuh kali pole hingga tengah musim. Red Bull bahkan dinobatkan sebagai tim paling handal versi Auto Motor und Sport.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda