Scroll to Top

Pemakaian Catok Mungkin Berisiko pada Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 12 Jan 2013

catok

Saat ini, cara yang cukup mudah untuk meluruskan rambut adalah menggunakan catok. Pemanas berbentuk capit ini memberikan rambut lurus seketika, sehingga memperbaiki penampilan dengan segera. Apalagi, rambut lurus kembali menjadi tren sekarang ini.

Tapi, berhati-hatilah, penggunaan catok ternyata juga membahayakan bagi tubuh. Itu bisa terjadi akibat penyerapan zat berbahaya oleh kulit melalui produk pelurus rambut yang dipakai sewaktu menerapkan catok. Salah satu zat berbahaya dalam kosmetik pelurus rambut adalah formaldehyde. Saat bersinggungan dengan panas pada catok, zat ini menjadi karsinogen dan pemicu alergi.

Dikutip PlasaMSN dari Genius Beauty, kebanyakan kosmetik pelurus rambut yang mengandung formaldehyde berbentuk cair. Bila terkena panas dari catok, maka zat tersebut dapat masuk ke paru-paru lewat pernapasan. Ketika mengenai kulit, zat dapat meresap.

Masuknya formaldehyde lewat saluran napas dapat menimbulkan alergi bagi sebagian orang. Selain itu, dapat pula menyebabkan keluarnya darah di hidung (mimisan). Kulit yang terkena zat ini dapat mengalami iritasi. Dan, zat tersebut yang berakhir dengan larut menuju ke dalam tubuh, menjadi pemicu kehadiran sel kanker.

Alat catok termasuk salah satu peralatan kecantikan yang cukup populer belakangan ini. Harganya saat ini main terjangkau dengan ukuran yang makin portabel. Namun, mungkin tidak perlu keseringan memakai alat ini beserta kosmetik pelurus rambut. Kalau masih memungkinkan tampil cantik dengan cara lain yang lebih aman, sebaiknya pilih alternatif tersebut. Mungkin Anda bisa menyesuaikan rambut berdasarkan bentuk tubuh dan wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda