Scroll to Top

Aaron Swartz, Aktivis Internet Tewas Karena Depresi

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 13 Jan 2013

Aaron Swartz

Aktivis internet Aaron Swartz ditemukan tewas gantung diri di apartemennya di Brooklyn Amerika Serikat pada 11 Januari 2013 lalu. Diduga pria berusia 26 tahun ini mengakhirir hidupnya karena depresi berat.

Memang nama Aaron Swartz tidak setenar Mark Zuckerberg atau teknopreneur muda lainnya. Namun jasanya tidak sedikit di ranah teknologi internet. Ia salah satu pendiri Reddit (sebelum diakuisisi oleh Conde Nast), penemu RSS 1.0, dan pengembang web.py sebuah situs kerangka untuk Open Library.

Aaron Swartz juga miliki sisi kelam dalam hidupnya. Di tahun 2011, ia didakwa atas penipuan komputer dan tindakan terkait lainnya atas pengunduhan artikel jurnal akademis di MIT (Massachusetts Institute of Technology) secara tak legal. Jika ia masih hidup, April nanti ia akan menjalani sidang dengan denda maksimal USD 4 juta dan ancaman penjara maksimal 50 tahun.

Para keluarga dan mitra serta kerabat Aaron Swartz membuat situs khusus untuk memeringati kepergiannya (rememberaaronsw.com).

“Dia menggunakan keterampilan luar biasa sebagai seorang programmer dan teknolog tidak untuk memperkaya dirinya sendiri tetapi untuk membuat dunia (internet) lebih baik dan adil,” tulis situs tersebut.

Diduga Aaron Swartz mengalami depresi berat setelah situs ciptaannya Reddit diakuisisi oleh Conde Nast. Ia miliki peran cukup besar dalam proses kelahiran situs tersebut.

Pada suatu ketika lewat sebuah akunnya di internet, Aaron Swartz sempat berujar untuk bunuh diri menjelang liburan Natal. Sementara itu penemu World Wide Web (WWW) Tim Berners-Lee mengungkapkan bela sungkawanya yang mendalam via Twitter atas kepergian pria kelahiran 8 November 1986 ini.

Selamat jalan Aaron Swartz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda