Scroll to Top

Robin van Persie vs Luis Suarez: Siapa Yang Lebih Unggul?

By Wan Faizal / Published on Sunday, 13 Jan 2013

RVP-LS

Duel Manchester United vs Liverpool memang mempertemukan 11 pemain dari masing-masing tim di lapangan hijau. Namun, tetap saja ada aktor yang bisa dikedepankan dalam laga nanti. Siapa lagi kalau bukan Robin van Persie dan Luis Suarez, bomber dari kedua kubu saat ini.

Keduanya keluar sebagai dua pemain tersubur di liga sejauh ini. Van Persie yang baru saja menyabet gelar Player of the Month bulan Desember 2012 keluar sebagai yang tertajam dengan 16 golnya. Sementara Suarez satu gol lebih sedikit dari RvP.

Gol memang menjadi ukuran kinerja seorang striker. Namun pada umumnya, kontribusi mereka bagi klub tak terbatas pada soal itu saja. Berikut ini SidomiNews jabarkan perbandingan antara kedua pemain yang mungkin saja bisa menjadi faktor kunci dalam pertandingan nanti:

  • Gol

Berdasar jumlah gol, baik Van Persie dan Suarez bisa dibilang tak terpaut jauh. Jika ditotal dari seluruh pertandingan yang mereka lakoni sejauh ini di musim ini, Van Persie unggul dengan 20 gol dari 26 pertandingan. Dalam jumlah laga yang sama, Suarez mencetak 24 gol. RvP juga lebih unggul jika dilihat dari range waktu mencetak golnya. Pemain Belanda itu bisa mencetak satu gol tiap 98,8 menit. Sementara Suarez butuh 117,2 menit untuk tiap golnya.

Figueroa-RvP

  • Assist

Tak hanya dari sektor gol, dari sektor assist ternyata Suarez juga masih kalah dari RvP. Jika Van Persie sudah mengkreasi enam assists untuk rekannya, maka Suarez hanya tiga saja sejauh ini.

  • Shots

Tak diragukan lagi, keduanya adalah striker yang berbahaya. Jika perbandingan diarahkan ke jumlah tembakan yang dilakukan, maka Suarez yang unggul dengan total 113 tembakan berbanding 75 milik Van Persie. Namun soal akurasi tembakan, ternyata striker milik Manchester United itu yang lebih unggul dengan persentase 50,7 persen tendangan ke gawang. Sedangkan Suarez hanya mencatat 46,9 persen saja.

  • Dribbling

Skill istimewa memang dimiliki kedua pemain tersebut. Tapi jika mengacu pada kemampuan dribbling, tak diragukan lagi Suarez lebih unggul. Kemampuannya melewati lawan, serta lolos dari hadangan musuh sekalipun di sudut sempit terkadang membuat kagum yang melihatnya. Van Persie memang juga punya kemampuan apik, namun masih kalah jika dibandingkan dengan dribbling Suarez.

Suarez-Colo

  • Arti penting bagi tim

Dengan 16 dan 15 gol yang ditorehkan keduanya, tak diragukan lagi Van Persie dan Suarez jadi aset berharga United dan Liverpool saat ini. Namun andaikata tak ada gol-gol dari keduanya musim ini, niscaya United akan kehilangan 27 poin dari total poin mereka sekarang. Liverpool? Hanya akan kehilangan 12 poin tanpa gol Suarez.

Well, punya penilaian sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda