Scroll to Top

Lionel Messi Hebat, Tapi Filosofi Barcelona Dimulai dari Xavi Hernandez

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 13 Jan 2013

Lionel Messi Hebat, Tapi Filosofi Barcelona Dimulai dari Xavi Hernandez

Lionel Messi telah membuktikan dirinya sebagai pemain terbaik dunia dari hari ke hari. Demikian yang ditegaskan oleh Manuel Pellegrini, pelatih Malaga, tim yang akan dijumpai kubu King Leo pada Senin, 14 Januari 2013 mendatang. Selain itu, Manuel Pellegrini, yang pernah melatih Real Madrid, juga memuji filosofi bermain Barcelona. Bagi sang pelatih asal Chile, “Lionel Messi memang pencetak golnya, tapi filosofi Barca dimulai dari sosok Xavi Hernandez.”

Menghadapi Barcelona di La Rosaleda, Manuel Pellegrini menginginkan pertandingan paling seru. Ia mengaku, “akan kecewa jika Barcelona yang biasa-biasa saja menaklukkan Malaga yang tampil di bawah performa terbaik. Tapi, akan puas meski kalah, andai kedua tim sama-sama berjuang mati-matian untuk menyuguhkan pertandingan hebat.”

Bagi Pellegrini, peluang untuk menaklukkan Barca tetap ada. Statistik tak menandakan apa pun. Karena, segala hal dapat berubah dalam sekejap saja. Inilah yang membuat banyak orang bertaruh. Tak ada yang bisa ditebak dalam pertandingan yang berjalan selama 90 menit.

Pellegrini juga memperhatikan Lionel Messi. Penyerang yang meraih Ballon d’Or keempatnya awal Januari ini disebut sang pelatih asal Chili sebagai, “pemain yang menunjukkan dirinya sebagai yang terbaik di dunia, setiap hari.”

Namun, Pellegrini menolak jika diminta fokus kepada Lionel Messi seorang. Katanya, semua pemain Barcelona sangat berbahaya. Terutama Xavi Hernandez yang dianggapnya sebagai penerjemah terbaik filosofi sepakbola Barcelona.

“Kita tahu Messilah yang mencetak sekian gol penting bagi Barcelona. Tapi filosofi tim tersebut dimulai dari sosok Xavi Hernandez. Hal ini sudah saya tanamkan dalam benak sejak kedatangan saya pada 2004. Dan hingga kini saya mempertahankan opini tersebut. Anda tak bisa melupakan Iniesta, Pedro, Pique, atau Puyol karena sulit memilih siapa yang paling penting di Barcelona. Tapi, Xavilah yang mendefinisikan filosofi Barceloan dengan sempurna.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda