Scroll to Top

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

By C Novita / Published on Sunday, 13 Jan 2013

manfaat donor darah

Seseorang yang melakukan donor darah, umumnya berniat untuk kemanusiaan. Namun tak banyak yang tahu bahwa manfaat donor darah ternyata tidak hanya guna menyelamatkan nyawa orang lain saja.

Faktanya, donor darah juga membawa manfaat kesehatan bagi si pendonor sendiri, juga memberi ketenangan mental untuknya. Ingat, memberi adalah sumber kebahagiaan dan ketenangan jiwa.

Idealnya bagi wanita adalah 4 bulan sekali melakukan donor darah. Sedangkan bagi pria, 3 bulan sekali. Namun semua tergantung pada keadaan kesehatan Anda. Ingin tahu apa saja manfaat kesehatan mendonorkan darah? Berikut seperti dilansir oleh situs Boldsky:

  • Menyeimbangkan kadar besi

Menurut sebuah penelitian, banyak orang yang memiliki kadar zat besi yang berlebih karena konsumsi makanan mereka. Jadi, untuk menyeimbangkannya perlu sesekali dilakukan donor darah. Kadar zat besi yang tinggi dalam darah tak baik bagi kesehatan jantung. Bagi wanita usia subur, mereka menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh mereka saat menstruasi. Namun bagi pria dan wanita yang telah menstruasi, melakukan donor darah baik sekali dilakukan.

  • Pengecekan kesehatan.

Biasanya, sebelum melakukan donor darah akan dilakukan tes kesehatan terlebih dahulu pada diri Anda. Apakah Anda menderita penyakit tertentu yang bisa ditularkan melalui darah, atau tidak. Nah, saat itu Anda jadi lebih tahu kondisi kesehatan Anda.

  • Mengurangi resiko kanker.

Dengan rendahnya atau berkurangnya kadar zat besi dalam tubuh Anda, maka resiko Anda terkena kanker juga berkurang. Diantaranya adalah kanker usus besar, paru, hati, tenggorokan.

Saat Anda mendonorkan darah, maka volume darah menjadi seimbang. Ini baik untuk menghindarkan Anda dari penyakit darah tinggi.

  • Mengurangi kolesterol

Sel darah mengandung kolesterol, baik kolesterol jahat atau baik. Dengan Anda menyumbangkan darah, maka jumlah kolesterol otomatis berkurang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda