Scroll to Top

Yuk Cuci Tangan, Biar Tidak Diare

By C Novita / Published on Sunday, 13 Jan 2013

cuci tangan

Mencuci tangan adalah sebuah nasihat yang kerap kali dikatakan orang tua pada anaknya. Mencuci tangan sebelum makan, mencuci tangan dan kaki sebelum tidur, mencuci tangan jika habis bermain, dan berbagai aktifitas lain yang harus ditutup dengan mencuci tangan.

Sepertinya kegiatan mencuci tangan hanyalah sebuah hal yang remeh. Namun jangan salah, efek positif dari mencuci tangan ternyata sangat besar. Dengan menjaga kebersihan organ yang satu ini, penyebaran dan perkembangan kuman berbahaya dapat dihentikan. Termasuk diantaranya adalah penyakit menular semacam diare, flu, dan juga infeksi saluran pernafasan.

Sebuah penelitian menegaskan hal tersebut dengan sebuah hasil bahwa Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) menurunkan resiko infeksi penyakit menular semacam diare sampai 50%. Bahkan infeksi saluran pernafasan turun hingga 45%.

Bakteri penyebab diare seperti ecoli dan staphylococcus biasanya masuk dalam tubuh melalui media makanan dan minuman. Dengan mencuci tangan usai beraktifitas dan sebelum makan, maka kemungkinan bakteri tersebut menginfeksi manusia makin kecil.

Cara mencuci tangan yang benar adalah dengan menggunakan sabun. Tidak hanya telapak tangan yang dibasuh sabun, namun juga punggung tangan, sela-sela jari, dan juga sela-sela tangan. Sebab kuman ternyata 60% berada di sela-sela jari, dan 40% di punggung tangan.

Jadi, jangan lupa cuci tangan sebelum makan, ya. Biar tak terkena diare.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda