Scroll to Top

PSSI Siap Turunkan Raphael Maitimo Di Timnas Indonesia

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 13 Jan 2013

PSSI sepertinya bisa bernafas lega untuk menurunkan salah satu pemain naturaliasi, Raphael Maitimo untuk memperkuat Timnas Indonesia di Pra Piala Asia 2015. Hal ini terkait jawaban dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), tentang status Raphael Maitimo.

Sebelumnya Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), meminta surat resmi kepada PSSI untuk membuktikan bahwa pemain naturalisasi Indonesia belum berkiprah di timnas senior negara asalnya.

Dalam peraturan FIFA seorang pemain naturalisasi tidak boleh membela timnas senior negara barunya, jika memang sudah pernah tampil bersama timnas senior negaranya yang terdahulu.

Hingga akhirnya PSSI pun meminta bantuan kepada KNVB, untuk memberikan pernyataan resmi tentang status Raphael Maitimo di timnas senior Belanda.

Bak gayung bersambut, KNVB pun memberikan surat pernyataan resmi yang menjelaskan bahwa status pemain tim nasional Indonesia, Raphael Maitimo belum pernah tampil bersama timnas senior Belanda.

“Menanggapi surat PSSI tertanggal 20 Desember 2012, KNVB mengonfirmasi bahwa Raphael Guilermo Eduardo Maitimo tidak pernah tampil di tim nasional senior Belanda” tulis KNVB, Sabtu (12/1/2013).

Raphael sendiri sebenarnya sudah pernah tampil membela Belanda di level internasional pada periode 1999/2000, namun saat itu dirinya dipanggil memperkuat Belanda U-16.

Selain Raphael, sebenarnya KNVB juga mengirim surat serupa untuk menjelaskan status Jhonny van Beukering dan Tony Cussel Lilipaly.

Untuk Jhonny van Beukering dan Tony Cussel Lilipaly, keduanya juga belum pernah tampil untuk timnas senior Belanda.

Namun pernyataan KNVB untuk Jhonny dan Tony, sampai saat ini belum dibutuhkan karena keduanya tak dipanggil untuk laga Pra Piala Asia 2015 melawan Irak pada 9 Februari nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda