simpan makanan di lemari es

Fungsi lemari es adalah menjaga kesegaran makanan, agar makanan tahan lama dan dapat dikonsumsi kembali. Namun ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat menyimpan makanan sehingga menyebabkan lemari es cepat rusak serta makanan tidak awet.

Dikutip oleh Merdeka dari Shine, berikut ini hal yang sebaiknya jangan Anda lakukan saat menyimpan makanan dalam lemari es:

  • Terlalu penuh. Lemari es pun butuh sirkulasi udara di dalamnya, agar seluruh isinya mendapat hawa dingin merata. Jika Anda mengisi lemari es penuh-penuh sehingga sirkulasi udara terganggu, maka tak heran jika akan ada makanan yang berjamur dan cepat rusak di dalamnya.
  • Pintu tak rapat. Ada kalanya pintu lemari es tak rapat saat ditutup. Padahal dengan menutup rapat pintu lemari es, maka udara dingin tidak keluar dan berfungsi maksimal mengawetkan isi lemari es. Pintu yang tak tertutup juga membuat energi listrik yang dikeluarkan akan makin banyak dan boros.
  • Terlalu dingin. Jangan berfikir bahwa makin dingin suhu akan membuat isi lemari es makin awet. Hal tersebut malah tak baik untuk sayur dan buah segar. Listrik yang digunakan juga akan makin boros.
  • Kotor. Lemari es perlu dibersihkan secara teratur, agar bakteri yang hidup di dalamnya dapat dibuang. Bakteri yang berasal dari bahan makanan dapat mencemari makanan lain dan menimbulkan penyakit.
  • Makanan panas. Jangan buru-buru memasukkan makanan yang masih panas ke dalam lemari es, sebab hal tersebut dapat merusaknya. Makanan panas yang dimasukkan ke tempat dingin pun dapat membuat bakteri berkembang biak. Tunggu hingga suhunya menurun, baru masukkan ke lemari es Anda.