Scroll to Top

Dana RSBI Bisa Timbulkan Masalah Baru Jika Tidak Diawasi

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 14 Jan 2013

Dana RSBI Bisa Timbulkan Masalah Baru Jika Tidak Diawaasi

MK telah memutuskan penghapusan RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Penghapusan ini sendiri akan dilakukan secara bertahap hingga pergantian semester baru. Di sisi lain, Hidayat Nur Wahid, ketua Fraksi PKS (Partai Keadilan Sejahtera) menganggap perlunya pengawasan ketat seputar pemanfaatan anggaran yang sedianya dialokasikan untuk RSBI.

“Keputusan penghapusan RSBI oleh MK ini berlaku nasional. Yang terpenting sekarang, tinggal awasi anggaran yang semula dialokasikan untuk RSBI,” sebut Hidayat Nur Wahid seperti dikutip oleh Kompas pada 13 Januari 2013.

Menurut Hidayat, keputusan MK untuk menghapus RSBI dari sistem pendidikan di Indonesia, membuat prtlu pembahasan ulang anggaran ini agar uang tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih banyak bagi peningkatan mutu pendidikan nasional. Dan dalam hal ini, Komisi X DPR yang membidangi pendidikan dengan Mendikbud, harus berfokus menentukan penggunaannya.

“Teman-teman di Komisi X (harus mem)plot anggarannya untuk apa, jangan sampai dikorupsi. Dalam hal ini, mental Komisi X juga diuji,” kata Hidayat seperti dikutip Kompas.

Sementara itu, Mendikbud Muhammad Nuh, mengakui, adanya kemungkinan dana block grant dari pemerintah pusat kepada sekolah-sekolah RSBI, dihibahkan. Tentunya, penilaian pemberian hibah ini —untuk SD sekitar Rp 200 juta dan SMP 300 juta pertahun— didasarkan pada kinerja masing-masing sekolah. Sebagai catatan, sekolah yang memperoleh danan hibah tersebut, mesti mampu mempertahankan kualitas.

“Block grant ini nanti bisa diubah jadi semacam hibah bagi sekolah yang mampu meningkatkan dan mempertahankan kualitas,” kata Nuh beberapa waktu lalu seperti dikutip Kompas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda