Scroll to Top

Technopark Besutan Rusia Siap Saingi Silicon Valley

By Ditya / Published on Monday, 14 Jan 2013
Technopark Campus
Technopark Campus

Rusia telah menyiapkan Technopark untuk menyaingi keberhasilan Silicon Valley yang berlokasi di dareah selatan San Fransisco Bay Area, California, Amerika Serikat. Kesuksesan Lembah Silikon ini ternyata menarik negeri Beruang Merah ini untuk membuat pesaingnya.

Silicon Valley sendiri adalah sebuah daerah yang yang didalamnya banyak terdapat markas perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang semikonduktor dan teknologi informasi, sebut saja Adobe Systems, Apple Computer, Google, Intel, Yahoo, eBay, dan HP.

Sementara itu, Rusia telah memiliki kawasan serupa yang disebut dengan Skolkovo yang sedang direncanakan akan dibangun dengan konsep green building yang berlokasi di pinggiran kota Moskow.

Skolkvo inilah yang akan disebut sebagai Technopark yang digadang-gadangkan oleh negeri Red Army ini untuk menyaingi kesuksesan Silicon Valley sebagai wilayah pusat perkembangan teknologi informasi di Rusia.

Technopark Rusia

Rusia juga telah mengadakan kompetisi untuk menghadirkan 30.000 orang yang akan menjadi penghuni distrik pemukiman Technopark. Rusia juga menghadirkan Moskow Atrium Studio yang didesain untuk ruang kolaboratif di mana para ilmuwan, peneliti dan keluarga mereka semua bisa hidup bersama dalam komunal ruang yang mendorong kreativitas serta rekreasi.

Technopark ini dirancang oleh Rusia dangan memadukan bangunan tempat tinggal, tempat rekreasi, dan bangunan komersial untuk mengurangi polusi dan menumbuhkan rasa kolaborasi  dan berbagai ide yang mengarah pada keberhasilan ekon teknologi seperti Silicon Valley.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (13/01/2013) Rusia dikabarkan telah menggandeng 700 perusahaan teknologi untuk menghadirkan 5 cluster dengan bidang spesifik di Technopark, termasuk teknologi informasi, efisiensi energi, ilmu nuklir, ilmu biomedis, dan teknologi kedirgantaraan.

Rusia telah mencoba menyaingi Silicon Valley dengan mega proyek Technopark, lalu kapan Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda