Scroll to Top

Pasca Kematian Aaron Swartz, Anonymous Retas Situs MIT

By Ibnu Azis / Published on Monday, 14 Jan 2013

swartz

Pasca kematian Aaron Swartz, Anonymous menyerang situs MIT (Massachusetts Institute of Technology). Anonymous menganggap institusi teknologi top Amerika ini bertanggungjawab atas kematian sang aktivis internet.

Kelompok hacktivist ini men-deface laman situs institusi tersebut setelah pihak MIT menjanjikan penyelidikan penuh atas kematian Aaron Swartz. Di laman yang berhasil di retas tersebut, Anonymous menuntut keadilan atas kematian penemu RSS yang diduga tewas karena depresi ini.

MIThack

Antara Aaron Swartz dan MIT memang miliki hubungan. Celakanya hubungan ini mengarah ke hal negatif. Pada bulan Juli 2011 lalu, ia dituduh mencuri dokumen rahasia MIT dan JSTOR secara illegal dan bulan April nanti sejatinya ia akan menghadapi sidang dengan ancaman maksimal 50 tahun penjara dan denda USD 4 juta.

Pasca kematiannya, Presiden MIT L. Rafael Reif menyatakan sikap akan melakukan analisis mendalam dan investigasi untuk mengungkap fakta. Kampus beken AS ini merasa perlu membantu dengan membentuk tim investigasi internal.

Tak lama kemudian setelah L. Rafael Reif menyatakan niatnya tersebut, Anonymous langsung bertindak. Dan berikut sekelumit tuntutan mereka di situs MIT yang berhasil diserang:

  • Kami menyerukan tragedi ini sebagai dasar bagi reformasi hukum dalam kejahatan komputer.
  • Kami menyerukan tragedi ini sebagai dasar bagi reformasi hak cipta dan hukum kekayaan intelektual.
  • Kami menyerukan tragedi ini sebagai dasar bagi pengakuan yang lebih besar dari penindasan dan ketiadilan bagi orang-orang tertentu dari institusi dan otoritas.
  • Kami menyerukan tragedi ini sebagai dasar untuk memerbaharui komitmen teguh ke internet bebas yang tidak terkekang.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, aktivis internet Aaron Swartz ditemukan tewas di apartemennya pada 11 Januari 2013 lalu. Diduga ia depresi dan mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda