Scroll to Top

Yahoo! Tambah Foto Flickr di Penelusuran Gambar

By Ibnu Azis / Published on Monday, 14 Jan 2013

Yahoo! Flickr

Tak kalah dengan Google, Yahoo! Manfaatkan salah satu layanan media sosial di mesin pencarinya. Yahoo! tambah foto Flickr di penelusuran gambar. Dengan demikian, foto-foto dari Flickr akan nongol bila pengguna mencari gambar atau foto tertentu.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Google di laman penelusuran menebar tombol plus Google+. Dan bahkan dulu beredar rumor jika konten yang dibagikan di Google+ akan diutamakan di hasil penelusuran.

Nah kini hal tersebut juga dilakukan Yahoo!. Namun perusahaan yang dipimpin oleh Marissa Mayer ini menyuntikkan layanan Flickr ke laman penelusuran. Lantas apakah semua foto pengguna Flickr akan tertampil? Tentu saja tidak.

Foto-foto yang akan ditampilkan hanyalah yang berlabel Creative Commons. Dengan demikian pengguna tak perlu risau akan hak ciptanya. Pengguna bebas menggunakan, menggandakan, serta mendistribusikannya.

Lantas bagaimana cara menggunakannya? Sangat mudah. Sila tuju ke laman Yahoo! Image Search di tautan berikut. Kemudian masukkan kueri apa saja. Misalkan ‘bunga mawar’, ‘gunung bromo,’ ‘pantai pangandaran’, atau apapun itu.

Jika sudah jangan lupa untuk memilih opsi ‘Labeled for Reuse’. Nantinya pengguna bisa melihat detail foto seperti nama fotografer yang memotret, atribut lisensi, dan lainnya. Untuk melihat info tersebut sila klik ‘Attribution’.

Tak hanya hadir di web, layanan ini juga telah mendukung di mobile device. Flickr sendiri diakuisisi Yahoo! Pada tahun 2005 lalu. Di tangan Marissa Mayer, Yahoo! Dituntut untuk segera berevolusi dan segera siuman. Termasuk layanan Flickr agar lebih menarik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda