Scroll to Top

Idol Korea Dari Generasi ke Generasi

By Tyas / Published on Monday, 14 Jan 2013

SNSD-MUBank

Perkembangan girlband dan boyband di Korea sebenarnya telah dimulai sejak tahun 1996 diawali dengan kemunculan boyband H.O.T yang melegenda dan membawa pengaruh yang cukup besar dalam kemunculan idol – idol selanjutnya. Digawangi oleh Moon Hee-joon, Jang Woo-hyuk, Tony An, Kangta dan Lee Jae-won, H.O.T menjelma sebagai idola generasi muda saat itu. Boyband ini memutuskan untuk pecah dan membentuk karir mereka sendiri – sendiri di luar management SM Entertainment yang telah menaungi mereka hingga tahun 2001. Kangta adalah satu – satunya member yang masih bertahan di agensi bentukan Lee Soo Man itu.

Berada di ‘1st Generation’ bersanding dengan H.O.T, ada Sechs Kies. Setelah mereka ada Shinhwa yang anggotanya beberapa adalah anggota H.O.T dan juga G.O.D. Sementara di generasi pertama girlband, nama Baby V.O.X muncul sebagai pendongkrak adanya girlband di Korea. Anggota Baby V.O.X yang sekarang masih hangat di telinga masyarakat adalah Yoon Eun Hye namun keberadaannya bukan lagi sebagai penyanyi tapi sebagai aktris. Setelah Baby V.O.X ada S.E.S dan Fin.K.L. Si seksi Lee Hyori adalah jebolan dari Fin.K.L. BoA kemudian muncul menjembatani generasi pertama dan kedua idol Korea.

Boyband-Girlband Korea

Generasi kedua diawali kemunculan penyanyi PSY yang di tahun 2012 lalu menggebrak lewat video klip ‘Gangnam Style’. Generasi ini juga diisi beberapa nama yang sudah tak asing lagi, seperti Super Junior, SNSD, Wonder Girls’, KARA, BIG BANG, dll.

Meski generasi pertama sudah banyak yang tak lagi meneruskan karir mereka sebagai idol, tetapi nama dan prestasi mereka masih tetap dikenang pecinta K-Pop di seluruh dunia. Nah, dari daftar di atas, siapa idol favoritmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda