Jamrud Formasi Baru

Band rock papan atas Indonesia, Jamrud, mencoba bangkit di awal tahun 2013 ini dengan merilis album terbaru mereka yang mengusung judul Saatnya Menang. Di album ke-11 ini, Jamrud diperkuat lagi oleh vokalis andalannya yang sempat hengkang, Krisyanto. Kembalinya vokalis bersuara serak itu diharapkan dapat mengembalikan kejayaan Jamrud.

Aziz MS, sang gitaris sekaligus otak dari band cadas asal Cimahi, Jawa Barat, ini, mengungkapkan bahwa album Saatnya Menang akan kembali ke corak Jamrud di masa lalu, yakni sebelum Krisyanto memutuskan hengkang. Selain itu, 11 lagu yang terhimpun di album ke-11 ini akan lebih bervariasi.

“Keunggulan dari album sebelumnya, lebih variatif. Kembali ke Jamrud yang sebelumnya, ada lagu lambat juga. Album kemarin kan segmented banget, kemarin bikin eksplor musik aja,” ujar Aziz MS di Jakarta, kemarin.

Kendati kembali ke corak Jamrud yang lama, namun tidak lantas lagu-lagu Jamrud di album terbaru ini tidak serta-merta terkesan jadul. Jamrud akan membingkai format lama dalam kemasan baru supaya disukai oleh anak-anak muda zaman sekarang.

“Inilah Jamrud yang lama walaupun proses musiknya lebih ke musik-musik yang sekarang, tak yang jadul kayak Surti Tedjo,” tandas Aziz MS.

Jamrud adalah salah satu band rock legendaris di Indonesia yang masih eksis hingga kini. Pertamakali dibentuk pada tahun 1989, band yang kini digawangi oleh Aziz MS (gitar), Ricky Teddy (bass), Krisyanto (vokal), M. Irwan (gitar), dan Danny Rachman (drum) ini punya rekam jejak yang cukup memukau.

Banyak lagu Jamrud yang menjadi hits pada masanya, dari Rasa Cinta Padamu, Nekad, Maaf, Putri, Terima Kasih, Berakit-rakit, Ningrat, Kabari Aku, Surti-Tejo, Pelangi di Matamu, Kau dan Ibumu, Naksir Abis, Telat 3 Bulan, Selamat Ulang Tahun, Senandung Raja Singa, dan lain-lain.