Scroll to Top

Pentagon: Twitter Bisa Meramal Masa Depan

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 15 Jan 2013

Twitter Kejahatan

Bisakah Twitter meramal masa depan? Pentagon yakin microblogging tersebut mampu melakukannya. Apa yang melatarbelakangi Departemen Pertahanan AS tersebut?

Pentagon menginginkan sebuah alat komputer yang mampu menganalisis teks tidak struktur, blog, serta tweet, yang mereka gunakan untuk membantu analisis militer serta memrediksi masa depan dan membuat keputusan.

Sistem ini adalah bagian dari program ONR (Office of Naval Research), yang bertujuan untuk membangun sebuah sistem open source yang bisa menyatukan pelbagai alat yang dikumpulkan, dikelola, dan menarik hubungan antara data yang ada.

ONR sendiri menghabiskan dana mencapai USD 500.000 per tahun untuk program tersebut. Pentagon menyakini jika potensi analisis teks memiliki peranan penting dalam memrediksi masa depan untuk menginformasikan kesadaran situasional secara tepat dan akurat.

Saat ini Pentagon mencari cara bagaimana cara memrediksi masa dengan dengan memonitor konten dari Twitter, blog, dan berita. Namun mereka kesulitan menganilsa dan memonitor data dari jaringan yang kompleks atau kelompok.

Jika proposal pendanaan yang diajukan goal pada hari ini (15/01/13) maka program tersebut akan segera memasuki babak baru pada bulan depan. Sebab putusan pendanaan akan dilakukan pada 15 Februari 2013.

Pada tahun 2012 lalu The Defense Advanced Research Projects Agency, divisi dibawah Pentagon mencari ide-ide ‘gila’ tentang sebuah program komputer yang diharapkan mampu memrediksi kejahatan cyber terorisme. Cara kerja program yang diinginkan waktu itu yakni dengan mendeteksi dan memonitor bagaimana kelompok kriminal dan hacker berinteraksi di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda