Scroll to Top

15.000 Aplikasi BlackBerry 10 Hadir dalam 36 Jam

By Ditya / Published on Tuesday, 15 Jan 2013

Blackberry 10 Qwerty

Tinggal setengah bulan lagi BlackBerry 10 akan dirilis dan RIM baru-baru ini menjadi tuan rumah sebuah acara yang mendorong para pengembang aplikasi dan game untuk BlackBerry 10. 15.000 aplikasi BlackBerry 10 telah hadir dalam waktu 36 jam saja dari acara tersebut, apa rahasianya?

Aplikasi adalah salah satu penentu suksesnya sebuah platform sistem operasi, tanpa aplikasi yang memadai, sebuah sistem operasi akan sulit untuk sukses di pasaran. RIM tampaknya menggarap ekosistem aplikasi dengan serius untuk kesuksesan platform BlackBerry 10.

Lalu, apa rahasia RIM mampu menjaring 15.000 aplikasi dalam 36 jam? Perusahaan asal Kanada ini memberikan insentif dan perangkat besutan RIM, seperti tablet PlayBook dan BlackBerry 10 Dev Alpha pada para pengembang.

Research In Motion (RIM) memberikan insentif sebesar USD $100 pada pengembang untuk setiap aplikasi yang disetujui. Tak hanya itu, sebuah tablet PlayBook ditawarkan gratis pada pengembang yang telah mengajukan 2 hingga 5 aplikasi. Pengmebang yang telah memiliki 5 atau lebih aplikasi yang telah disetujui akan berkesempatan untuk mendapatkan BlackBerry 10 Dev Alpha.

Namun, penting untuk dicatat bahwa sangat tidak mungkin bahwa setiap aplikasi diajukan akan disetujui untuk App Store, tetapi perusahaan perlu itu sebagai masukan sebanyak mungkin jika mereka berharap untuk peluncuran yang sukses.

Meski jumlah aplikasi cukup penting untuk menjamin kesuksesan sebuah platform, tapi kemampuan sistem operasi itu sendiri juga sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah platform.

15.000 aplikasi telah diajukan untuk BlackBerry 10, ini sebuah angka yang menakjubkan. Rata-rata sekitar 405 aplikasi diajukan setiap jam. Jika RIM menyetujui 15.000 aplikasi tersebut, tentu RIM akan membayar USD $1,5 juta untuk membayar insentif pada para pengembang.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (14/01/2013), RIM sangat berharap agar BlackBerry 10 sukses dan mampu mengembalikan kejayaan RIM serta dapat bersaing dengan Apple iOS dan Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda