Scroll to Top

Intel Haswell GT3: Grafis Mampu Imbangi Nvidia GeForce GT650M

By Ditya / Published on Tuesday, 15 Jan 2013

logo intel

Intel telah menyiapkan varian Haswell dengan grafis yang mumpuni, yakni Intel Haswell GT3. Sebuah laporan dari Fudzilla dan TechReport menyebutkan bahwa kemampuan grafis Intel Haswell GT3 mampu mengimbangi kartu grafis mobile Nvidia GeForce GT650M.

Tampaknya Intel tak main-main untuk mengembangkan kemampuan grafisnya. Selama ini Intel dengan solusi grafis HD Graphics-nya memang ketinggalan dari sisi kinerja dengan Nvidia dan AMD. Kini Intel mencoba memperbaikinya melalui Intel Haswell GT3.

Sebuah laporan dari TechReport menampilkan dua sistem komputer yang pertama ditenagai oleh Intel Haswell GT3 dan yang satunya ditenagai oleh Intel Core i7 Ivy Bridge yang dipadukan dengan grafis Nvidia GeForce GT650M tampak memainkan game racing DiRT 3 dengan seting grafis yang tinggi di resolusi 1920 x 1080 piksel.

Berdasarkan video yang ditampilkan, kemampuan grafis Intel Haswell GT3 terlihat tak terlalu baik dan video tersebut tidak menampilkan berapa fps (frame per second) yang dihasilkan keduanya saat memainkan game tersebut.

Nvdia geForce GT650M sendiri adalah grafis kelas mobile tertinggi Nvidia dari kasta GT yang ditujukan untuk pasar kelas menengah. Nvidia GeForce GT 650M ini ditenagai oleh 384 stream prosesor dengan kecepatan 900MHz yang ditandemkan dengan lebar memori 128bit.

Meski demikian, ini menunjukan bahwa kemampuan grafis Intel Haswell GT3 ini meningkat pesat jika dibandingkan dengan solusi grafis Intel sebelumnya. Kehadiran Intel Haswell GT3 ini akan menjadi pesaing kuat solusi AMD APU (Accelerated Processing Unit) yang juga memiliki kemampuan grafis yang hebat.

Seperti yang dilansir dari Fudzilla (14/01/2013), prosesor Intel generasi Haswell tampaknya tak hanya menjanjikan lompatan kinerja prosesor dan efisiensi konsumsi daya, tapi juga lompatan kinerja grafis yang mengesankan, Penasaran? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda