Scroll to Top

Tegra 4 Lebih Cepat Ketimbang iPad 4, Klaim Nvidia

By Ditya / Published on Tuesday, 15 Jan 2013
Nvidia tegra 4
Nvidia Tegra 4

Nvidia telah memperkenalkan SoC Tegra 4 quad-core terbaru di ajang CES 2013 lalu. Produsen grafis GeForce ini mengklaim bahwa kinerja Tegra 4 ini lebih cepat dibanding iPad 4 yang menggunakan prosesor Apple A6X dual-core, baik dari sisi kinerja prosesor maupun kinerja grafis.

Pembesut karty grafis Quadro ini cukup percaya diri mengklaim Tegra 4 lebih cepat dibanding Apple A6X, karena Tegra 4 mengusung pola yang sama dengan Tegra 3 dengan menggunakan arsitektur prosesor dan grafis baru yang lebih bertenaga. Bahkan, Nvidia berani mengklaim bahwa Tegra 4 adalah prosesor mobile tercepat di dunia.

Apple A6X sendiri adalah sebuah prosesor dual-core 1,3GHz yang menggunakan basis teknologi ARM Cortex-A9 yang telah dikustomisasi oleh Apple dan dipadukan dengan grafis quad-core dari PowerVR SGX 544MP4. Prosesor A6X ini menjadi dapur pacu utama tablet iPad 4.

Nvidia Tegra 4 ini terdiri dari 4+1 core prosesor ARM Cortex-A15 dengan kecepatan yang belum diketahui. Meski mengsusung pola yang sama dengan Tegra 3, kemampuan Tegra 4 ini jauh lebih perkasa berkat penggunaan arsitektur ARM Cortex-A15 terbaru seperti yang digunakan pada tablet Nexus 10.

GPU Tegra 4

Sebagai produsen grafis terkemuka, Nvidia tak tanggung-tanggung membekali grafis Tegra 4. Grafis geForce ULP yang digunakan Tegra 4 memiliki 72 CUDA core, meningkat 6 kali lipat dari Tegra 3 yang hanya dibekali 12 core grafis. Performa grafis yang dihasilkan Tegra 4 tentu akan meningkat signifikan.

Nvidia Tegra 4 ini tak hanya menawarkan jumlah core grafis yang lebih banyak, tapi juga menggunakan arsitektur baru yang merupakan perbaikan dari Tegra 3. Tegra 4 menyematkan fitur real multisampling AA dan secara teoritis mampu mengalahkan grafis PowerVR SGX 544MP4 yang digunakan pada Apple A6X.

Seperti yang dilansir dari Anandtech (14/01/2013), kemampuan Tegra 4 yang sebenarnya akan terbukti ketika prosesor tersebut di uji menggunakan perangkat lunak pengukur atau benchmark.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda