Scroll to Top

Real Madrid vs Valencia 2-0: Hasil Copa del Rey 2013

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 16 Jan 2013

Real Madrid vs Valencia 2-0

Real Madrid sukses menggulung Valencia dalam leg pertama perempat final Copa del Rey 2013. Bermain di Santiago Bernabeu pada Rabu, 16 Januari 2013, Los Blancos sukses menciptakan hasil pertandingan Real Madrid vs Valencia skor 2-0. Gol-gol kemenangan El Real dicetak oleh Karim Benzema ’37) dan bunuh diri Andres Guardado (’73). Hasil Copa del Rey 2013 ini menjadi modal penting bagi pasukan Jose Mourinho untuk berangkat ke Mestalla pada leg kedua.

Jose Mourinho menurunkan formasi terbaiknya dari sisa pasukan yang ada dalam pertandingan Real Madrid vs Valencia. Michael Essien diletakkan di pos bek kanan, Raul Albiol dan Ricardo Carvalho menjadi bek tengah. Plus, tak ada kesempatan untuk ‘si malas’ Angel Di Maria. Posisinya digantikan oleh Mesut Ozil. Ernesto Valverde juga melakukan hal serupa. Tak ada kata main-main di Copa del Rey. Rotasi diberikan untuk menampilkan kiper Vicente Guaita dan bek Victor Ruiz.

Kehadiran Cristiano Ronaldo dan Mesut Ozil membantu Real Madrid untuk tampil mengalir, jauh lebih baik daripada saat menghadapi Osasuna. Diwarnai dengan umpan terobosan cantik Ozil pada Karim Benzema pada menit 5, tembakan Luka Modric selang empat menit, dan percobaan Cristiano Ronaldo pada menit 12.

Valencia bukannya tak menyerang. Bahkan mereka sempat unggul ball possessions hingga 68%. Tino Costa dan Jonas (dua kali) sempat menguji Iker Casillas. Ketika Valencia seakan menguasai keadaan justru, Los Blancoslah yang mencetak gol.

Serangan balik cepat khas Real Madrid, berakhir pada umpan Sami Khedira kepada Karim Benzema. Penyerang internasional Prancis mengarahkan bola ke sudut gawang Guaita pada menit 37. Gol, dan pertandingan berubah arah.

Real Madrid vs Valencia 2-0 (2)

Valencia terus berupaya mengejar ketertinggalan 1-0 di paruh berikutnya. Dan mereka sejatinya layak mendapatkan gol penyeimbang. Tandukan Victor Ruiz di menit 52. Roberto Soldado yang tidak bersahabat dengan hakim garis. Dan puncaknya yang terjadi pada menit 67. Soldado melepaskan tembakan yang dibendung Casillas. Bola mengarah pada Jonas yang seharusnya bisa mencetak gol. Namun yang terjadi sebaliknya. Peluang emas melebar begitu saja.

Dan ketika Valencia gagal mengeksekusi peluang, Real Madrid tak memberi ampun. Tiga pemain pengganti yang ditebar Jose Mourinho, bekerja maksimal untuk gol kedua Los Blancos. Angel Di Maria yang menyisir sisi kanan pertahanan Los Che. Lalu umpannya dilanjutkan oleh Fabio Coentrao mengarah pada Gonzalo Higuain. Penyerang Argentina menembakkan bola ke arah Guaita yang sudah terjatuh, bola memantul pada tubuh sang kiper, dan memantul pula pada kaki Andres Guardado sebelum masuk gawang. 2-0 di menit 73.

Real Madrid vs Valencia 2-0 (1)

Upaya kedua tim untuk mencetak gol, tak lagi berbuah. Real Madrid sukses mengamankan agregat penting untuk leg kedua di Mestalla. Sekaligus menunjukkan kualitas mereka sepanjang 2013: menang tiga kali, dan cuma sekali seri. Sementara, bagi Valencia, ini adalah kekalahan kedua setelah serangkaian partai menakjubkan bersama Ernesto Valverde.

Real Madrid (4-2-3-1): Casillas; Essien, Albiol, Carvalho, Marcelo (Fabio Coentrao ’46); Xabi Alonso, Khedira; Modric (Ángel Di María ’62), Ozil, Ronaldo; Benzema (Gonzalo Higuaín ’69)

Valencia (4-2-3-1): Guaita; Pereira, Rami, Ruiz (Ricardo Costa ’75), Guardado; Banega (N. Valdez ’84), T. Costa (Gago ’79); Piatti, Parejo, Jonas; Soldado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda