Scroll to Top

Andres Iniesta Playmaker Terbaik Dunia Tahun 2012

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 16 Jan 2013

Andres Iniesta Playmaker Terbaik Dunia Tahun 2012

Andres Iniesta memang tidak dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or 2012, kalah dari seorang Lionel Messi dan runner-up Cristiano Ronaldo. Namun, kelihaian Don Andres mendapatkan penghargaan dari IFFHS (International Federation of Football History and Statistics). Badan ini menobatkan Iniesta sebagai playmaker terbaik dunia 2012, mengalahkan beberapa nama tenar lain seperti Xavi Hernandez, Lionel Messi, Andrea Pirlo, dan Mesut Ozil.

Masih ingat dengan aksi Andres Iniesta melawan lima pemain Kroasia, Italia, dan terakhir Malaga? Don Andres memang senantiasa dipuji seputar kemampuannya menjadi playmaker. Kontrol bola mumpuni, memiliki visi bermain yang tajam, jago membagi bola, dan rajin melayani rekan-rekannya untuk mencetak gol. Ia bahkan dibandingkan dengan Tsubasa Ozora dalam komik dan anime Captain Tsubasa.

Dan kini, penghargaan terhadap Iniesta, dihadirkan oleh IFFHS. Badan yang mengurusi statistik sepakbola di seluruh dunia itu mencantumkan namanya sebagai playmaker terbaik dunia tahun 2012 lalu. Mengumpulkan 146 suara, Iniesta mengalahkan dua rekannya di Barcelona. Ada Xavi Hernandez di posisi kedua dengan 128 suara. Dan Lionel Messi duduk di peringkat ketiga dengan 98 suara.

Andrea Pirlo, maestro sepakbola asal Italia, menguntit di peringkat berikutnya dengan 87 suara. Sementara itu, Mesut Ozil yang masih mekar dan memiliki tahun-tahun panjang ke depan berada di posisi lima dengan 43 poin; setengah dari yang dikumpulkan Pirlo.

Iniesta sendiri, tahun lalu memenangi gelar pemain terbaik Eropa. Mengalahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kehebatan Don Andres masih berlanjut di musim ini. Ia menjadi salah satu pemain kunci Barcelona yang ‘dihemat’ tenaganya untuk meledak pada bulan Februari-Maret, masa-masa ketika sebuah tim biasanya membutuhkan gemerlapnya seorang pemain bintang demi meraih hasil-hasil krusial.

Playmaker Terbaik Dunia 2012

1. Andrés Iniesta (FC Barcelona) 146 votes
2. Xavi Hernández (FC Barcelona) 128
3. Lionel Messi (FC Barcelona) 98
4. Andrea Pirlo (Juventus) 87
5. Mesut Özil (Real Madrid) 43
6. Cristiano Ronaldo (Real Madrid) 34
7. David Silva (Manchester City) 9
8. Yaya Touré (Manchester City) 9
8. Neymar (Santos) 9
10. Steven Gerrard (Liverpool) 8
11. Zlatan Ibrahimovic (PSG) 7
12. Xabi Alonso (Real Madrid) 5
13. Frank Lampard (Chelsea) 5
14. Juan Mata (Chelsea) 5
15. Radamel Falcao (Atlético) 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda