Scroll to Top

Facebook Perkenalkan Graph Search, Sejenis Mesin Pencari

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 16 Jan 2013

Facebook Graph Search Facebook selangkah lagi – atau mungkin sudah – ke ranah search engine. Mereka memerkenalkan Graph Search pada Selasa lalu. Sekilas, fitur baru Facebook ini sangat serupa dengan mesin pencari.

Rumor ketertarikan Facebook di sektor mesin pencarian telah terhembus pada tahun lalu. Mark Zuckerberg pada sebuah kesempatan bahkan pernah berujar jika masa depan penelusuran Facebook cerah.

Lantas apa sesungguhnya Graph Search itu? Facebook menjelaskan jika Graph Search adalah cara baru untuk menelusuri dan mencari ‘sesuatu’ atau konten di Facebook yang didasarkan pada empat pilar: pengguna (people), foto, lokasi (place), dan minat (interest).

Fitur ini sangat menarik. Tak hanya sekadar menelusuri, Graph Search bisa dieksplorasikan berdasarkan koneksi yang ada (teman yang terhubung). Dan pengeksplorasian berkoneksi ini bisa saling silang sesuai dengan empat pilar yang disebutkan sebelumnya.

Misalkan saja pengguna memasukkan kueri: ‘orang yang suka bermain tenis di dekat saya’ (minat + lokasi), ‘foto teman saya yang tinggal di New York’ (foto + lokasi), atau ‘restoran Shusi di Palo Alto yang teman saya sukai’ (lokasi + minat).

Sayangnya fitur ini masih sebatas beta. Hanya pengguna terpilih yang bisa menikmati dahsyatnya fitur Graph Search. Namun pengguna bisa mendaftar untuk merasakan fitur tersebut dan masuk dalam waiting list.

Untuk memelajari lebih lanjut soal Graph Search dan mendaftar sebagai beta tester sila ikuti tautan ini. Dan berikut video pengantar Facebook Graph Search yang dinukil dari Youtube.

http://www.youtube.com/watch?v=SD951tHz38g

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda