Scroll to Top

Panduan Mengunduh Arsip Tweet Twitter

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 16 Jan 2013

Twitter

Fitur download arsip Twitter memang telah dirilis pada pertengahan bulan Desember 2012 lalu. Namun ketersediaannya diterapkan secara bertahap bagi pengguna di seluruh dunia. Dan berikut panduan mengunduh arsip tweet Twitter.

Fitur ini hadir hampir bebarengan dengan fitur foto filter Twitter. Waktu itu Twitter menjanjikan jika download arsip tweet akan tersedia secara bertahap. Nah untuk wilayah Indonesia kini telah tersedia. Dan berikut panduannya.

Pertama, sila tuju ke laman setting atau pengaturan di akun Twitter yang dimiliki. Langkah paling mudah adalah menklik tombol setting seperti gambar dibawah ini atau langsung menuju ke tautan berikut.

Twitter Arsip
Klik ‘Setting’

Langkah kedua yakni gulir laman seeting (Account) ke bawah dan cari tombol ‘Request your archieve’. Klik tombol tersebut dan nantinya akan dikirim email yang berisi tautan utuk mengunduh arsip tweet yang dimiliki.

Twitter Arsip
Klik ‘Request your archieve’

Ketiga, masuk ke inbox email Anda yang digunakan untuk mendaftar ke Twitter. Kemudian klik ‘Go now’ atau klik tautan yang tersedia dibawah tombol tersebut (Or click the link below).

Twitter Arsip
Klik ‘Go now’

Keempat, jika Anda menklik tautan tersebut maka akan dihantarkan ke laman baru seperti gambar di bawah ini. Klik ‘Download’. Nantinya berkas akan berupa Zip file.

Twitter Arsip
Klik ‘Download’

Kelima, buka berkas unduhan. Unzip berkas tersebut dan buka ‘index.html’. Nantinya akan muncul arsip tweet yang dikategorikan per bulan dan tahun. Arsip tersebut adalah data offline.

Twitter Arsip
Data offline arsip tweet Twitter

Keenam, jika tidak menerima email dari Twitter akan link unduhan arsip tweet, sila kembali ke langkah pertama (masuk ke setting). Kemudian gulir ke bawah dan klik ‘Resend email’. Twitter akan mengirim (lagi) tautan unduhan arsip tersebut.

Twitter Arsip
Klik ‘Resend email’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda