Scroll to Top

Media Sosial Picu Ego Pengguna Meningkat dan Lebih Impulsif

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 16 Jan 2013

Facebook iPad

Media sosial, seperti Facebook dan Twitter, diyakini bisa memicu ego pengguna meningkat. Selain itu social media juga memantik pengguna untuk lebih impulsif.

Jejaring sosial lainnya juga diyakini demikian. Mereka diduga kuat menyebabkan pengguna untuk kehilangan kontrol diri dan mengarah pada kekerasan serta obesitas.

Dan bahkan peneliti yakin hanya dengan browsing lima menit saja di jejaring sosial bisa meningkatkan keyakinan diri pengguna dan bertindak lebih impulsif (bersifat cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati).

Lantas apa efek yang ditimbulkan? Menurut kajian peneliti pengguna akan mengalami peningkatan nafsu makan dan kehilangan konsentrasi. Mereka juga prihatin fenomena ini akan mengarah ke masalah-masalah sosial seperti agresi dan kekerasan.

Dr Andrew Stephen dari Universitas Pittsburgh dan Dr Keith Wilcox dari Universitas Colombia melakukan studi di 1.000 pengguna Facebook dan menemukan data-data ini. Menurut mereka Facebook dan situs jejaring sosial lainnya mengarah ke hilangnya kontrol pengguna.

“Ini terutama berlaku untuk remaja dan dewasa muda yang merupakan pecandu media sosial. Mereka tumbuh dan berkembang bersama jejaring sosial dan dianggap normal dalam kehidupan keseharian,” ungkap penelitian tersebut.

Mereka mendesak para pembuat kebijakan untuk melakukan kajian dan meninjau kembali untuk membuat kebijakan penggunaan jejaring sosial dalam memahami bagaimana orang berprilaku setelah menggunakan Facebook dan situs media sosiallainnya.

“Kami telah menunjukkan bahwa menggunakan jejaring sosial popular saat ini, Facebook, mungkin miliki efek yang merugikan pada pengguna, pengendalian diri,” ujar Dr Andrew Stephen.

Menurutnya pengguna cenderung fokus pada penyajian citra positif diri mereka sendiri. Ini diperkuat oleh tanggapan (komentar) yang mendukung dari teman-teman mereka di situs jejaring sosial tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda