Scroll to Top

Cegah Serangan Jantung dengan Stroberi dan Blueberri

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 16 Jan 2013

Blueberry-Dan-Strawberry

Stroberi dan blueberri adalah dua jenis buah yang dapat menurunkan risiko serangan jantung pada wanita. Dengan mengonsumsi tiga porsi atau lebih untuk kedua buah tersebut per minggunya, dapat mengurangi masalah kesehatan jantung dalam jangka panjang. Demikian menurut studi terbaru dari Harvard School of Public Health di Boston.

Erich Rimm, profesor gizi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health, mengatakan, sangat baik memasukkan kedua buah tersebut ke dalam porsi mingguan yang disantap wanita. Keduanya memiliki kandungan antioksidan flavanoid tinggi yang mampu memperkecil risiko serangan jantung pada wanita.

“Ini perubahan diet sederhana yang dapat memiliki dampak signifikan terhadap upaya pencegahan,” kata Rimm, seperti dikutip CBS News.

Studi ini melibatkan survey dari 93.600 perawat wanita yang berusia 25-42 tahun. Penelitian ini menghabiskan waktu 18 tahun dan responden diminta untuk mengisi kuesioner setiap empat tahun. Selama jangka waktu itu, ada 405 kasus serangan jantung yang dialami oleh responden. Dan, responden yang rutin mengonsumsi stroberi dan blueberri menunjukkan ada penurunan risiko terkena serangan jantung hingga 32 persen lebih rendah, dibanding wanita yang hanya makan sedikit buah setiap bulannya.

Sebagai informasi, menurut rilis dari American Heart Association (AHA), wanita lebih mungkin untuk mengalami gejala serangan jantung dibanding pria. Gejala yang muncul di antaranya nyeri dada yang amat menyesakkan, sulit bernapas, mual dan muntah, hingga nyeri pada rahang.

Terkait dengan antioksidan pada stroberi dan blueberri, ada senyawa falavonoid khusus yang ditemukan pada keduanya yaitu jenis anthocyanin. Zat ini memiliki manfaat memperbaiki aliran darah, melawan penumpukan plak dalam arteri, dan memberikan manfaat kesehatan jantung lainnya. Selain itu, wanita juga mesti memperhatikan faktor pencegah serangan jantung lainnya selain dengan memasukkan stroberi dan blueberri dalam menu makan.

Studi ini dimuat dalam jurnal Circulation yang diterbitkan American Heart Association pada 14 Januari 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda