Scroll to Top

Tips Merawat Kulit di Usia 40-an

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 16 Jan 2013

cantik di usia 40

Usia menginjak kepala empat bukan berarti harus memiliki wajah dan penampilan tampak tua. Asal punya keinginan untuk melakukan perawatan, kesan cantik masih tetap bisa menempel pada tubuh Anda. Memang benar jika dikatakan pada usia 40-an, konsidi kulit tampak mengendur. Sebab, di usia ini mulai berkurang elastisitasnya.

Semua itu sebenarnya masih bisa diatasi. Elastisitas dan keindahan kulit bisa dipertahankan dengan olahraga setiap hari agar sirkulasi darah tetap lancar dan otot mengencang. Selain itu, perlu juga untuk senantiasa terhidrasi dan menjauhi makanan berlemak serta berminyak. Jangan lupa, konsumsi buah-buahan yang kaya dengan vitamin dan mineral yang baik bagi kecantikan Anda.

Menurut Dr Nipun Jain, seorang dermatologis, pada usia 40-an terjadi perubahan besar pada kulit. Meski mungkin tidak bisa bisa terpantau setiap hari, namun kulit akan menunjukkan tanda penuaan secara bertahap. Pada masa ini, kulit menjadi lebih kering dan muncul garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, terjadi perubahan-perubahan warna pada kulit dan kulit tampak lemah.

“Hilangnya hormon estrogen dan progesteron menyebabkan penurunan dalam sintesis kolagen, elastin, dan komponen lain dari matriks kulit, mengurangi produksi sebum (minyak kulit) dan dengan demikian menyebabkan kulit menipis kering, dan perubahan negatif lainnya,” kata Jain seperti dikutip Times of India.

Semua tanda penuaan biasanya terlihat di awal usia 40 tahun. Untuk mencegahnya, dermatologis menganjurkan wanita untuk melakukan perawatan berikut ini:

  1. Gunakan krim pembersih wajah yang memiliki kandungan bahan-bahan alami pada pagi dan malam hari. Tujuannya agar kulit senantiasa bersih. Pilih yang memiliki kandungan AHA dan asam salisilat ringan.
  2. Jika memiliki aktivitas di luar ruangan, pakai pelembab yang sekaligus mengandung tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi, 40 atau 50, untuk mencegah kerusakan kulit karena pengaruh sinar UVA atau UVB. Pelembabnya membuat kulit Anda tidak cepat mengalami kekeringan.
  3. Gunakan resep retinoid untuk merangsang kulit menghasilkan kolagen dan asam hyaluronic. Fungsi lainnya adalah mengurangi bintik-bintik coklat, meningkatkan pengelupasan kulit, memadatkan lapisan epidermis, dan memperbaiki kerusakan prakanker karena sinar matahari. Jika kulit sensitif terhadap retinoid, bisa diganti dengan krim yang mengandung AHA seperti glycolic setiap malam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda