Scroll to Top

Barcelona vs Malaga 2-2: Hasil Copa del Rey 2013

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 17 Jan 2013

Barcelona vs Malaga

Barcelona dan Lionel Messi secara mengejutkan tertahan imbang saat menjamu Malaga di leg pertama perempat final Copa del Rey pada Kamis, 17 Januari 2013. Sempat tertinggal terlebih dahulu lewat blunder Thiago Alcantara, pasukan Tito Vilanova memang berhasil membalikkan kedudukan hingga menit 90. Namun, petaka datang di menit 90. Ketika kubu tim tamu mesti bermain dengan 10 orang sejak menit 75 setelah kartu merah untuk Nacho Monreal, mereka justru berhasil menyamakan kedudukan melalui Ignacio Camacho. Terciptalah hasil pertandingan Barcelona vs Malaga skor 2-2. Hasil Copa del Rey 2013 yang menguntungkan Malaga ini akan dibawa kedua tim untuk bersua pada leg kedua di La Rosaleda. Ancaman tak bisa menonton El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona di semifinal.

Baik Barcelona maupun Malaga memainkan beberapa pemain yang tak diturunkan dalam pertandingan terakhir mereka di Liga Spanyol lalu, ketika kubu La Rosaleda digebuk Barca 1-3. Tuan rumah menghadirkan Jose Manuel Pinto, kiper spesialis Copa del Rey. Duo gelandang Thiago Alcantara dan Alex Song juga diberi kesempatan. Sementara itu, Diego Buonanotte, pria yang mencetak satu gol ke gawang Blaugrana di akhir pekan, ditampilkan Manuel Pellegrini sebagai starter.

Barcelona memang mendominasi laga. Di bawah kekuasaan jenderal kecil Thiago Alcantara yang menggantikan peran Xavi Hernandez, mereka menebar beberapa ancaman. Namun, justru Malaga yang unggul lebih dahulu. Melalui kesalahan elementer. Jose Pinto mengumpankan bola kepada Thiago. Ketika itulah Manuel Iturra menyerobot dan bergerak cepat untuk menaklukkan Pinto. Gol yang menyentak Camp Nou di menit 26, tapi cuma berumur dua menit.

Lionel Messi. Dia menjadi penyelamat lagi. Menyisir sisi kiri pertahanan Malaga, King Leo terus menggiring bola. Ketika bola seakan berada dalam penguasaan Welligton, Messi pantang menyerah. Ia merampasnya, berlari secepat kilat, lantas melepaskan tembakan melengkung yang menghunjam ke sudut gawang Carlos Kameni.

Dan dua menit berselang, Thiago membayar kesalahannya. Tendangan sudut gelandang muda ini ditanduk oleh kapten Carles Puyol dengan cantik untuk membuat Malaga yang awalnya unggul, tertinggal. Sebuah terapi kejut untuk pasukan Manuel Pellegrini.

Tertinggal 2-1 di babak pertama, kubu La Rosaleda tampak berusaha bermain aman. Manuel Pellegrini melakukan tiga pergantian pemain. Javier Saviola yang kebingungan sendiri, diganti oleh Roque Santa Cruz. Nacho Monreal dan Duda dikirim ke lapangan sepertinya lebih digunakan untuk menjaga skor tak melebar. Sambil berharap akan ada keajaiban di leg kedua nanti. Buktinya, seorang Isco tak dimainkan dalam laga ini.

Malaga mendapatkan peluang emas lewat Sebastian ‘Seba’ Fernandez pada menit 70. Namun, penyelamatan gemilang Jose Pinto mematahkan aksinya. Dan selang lima menit, tim tamu mesti bermain dengan 10 orang. Nacho Monreal yang baru masuk ke babak kedua, melakukan pelanggaran keras terhadap Pedro yang belum semenit hadir di lapangan.

Kesalahan besar Barcelona adalah tidak bisa mencari gol ketiga. Maka, hukuman datang pada menit 90. Tembakan voli Ignacio Camacho membuat keadaan yang terkontrol selama 90 menit, berbalik arah. Imbang di Camp Nou, jelas menguntungkan Malaga yang kelak akan menjadi tuan rumah. Sementara, penantian kita terhadap El Clasico di semifinal, bisa jadi pupus.

Barcelona (4-3-3): Pinto; Adriano, Mascherano, Puyol, Montoya; Thiago (Xavi ’78), Song, Iniesta; Alexis (Fabregas ’74), Messi, Tello (Pedro ’74)

Malaga (4-2-3-1): Kameni; Gamez, Sanchez, Weligton, Eliseu; Camacho, Iturra; Portillo (Monreal ’46), Fernandez, Buonanotte (Duda ’69); Saviola (Roque Santa Cruz  ’65)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda