Scroll to Top

Ditemukan, Teknologi Pengujian Untuk Memprediksi Usia Manusia

By Andhika / Published on Tuesday, 17 May 2011

Sebuah penelitian di Inggris telah berhasil menemukan teknologi pengujian untuk memprediksi usia hidup seseorang berdasarkan uji DNA.

Menurut ilmuwan tersebut, dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa panjang pendek kromosom seseorang, yang disebut Telomere dapat dijadikan tolak ukur lama hidupnya. Artinya, semakin pendek kromosom orang tersebut maka semakin pendek pula usianya, begitupun juga sebaliknya.

Dr. Maria Blasco dari Pusat Riset Kanker Nasional Spanyol, yang ikut dalam penelitian berkata, “Tes ini sangat tepat dan cepat. Paling penting adalah kita dapat menentukan adanya telomeres berbahaya, yakni yang sangat pendek,” katanya.

Walau sebenarnya tidak bisa memprediksikan dengan tepat, namun disebutkan rentang kesalahannya berkisar antara 5 hingga 10 tahun.

Kabarnya, pengujian ini akan mulai dapat tersedia dan digunakan untuk umum pada akhir tahun ini di Inggris. Biaya yang dibutuhkan untuk pengujian berkisar pada 435 Pound atau sekitar 6 Juta Rupiah. Ada yang mau coba?

2 thoughts on “Ditemukan, Teknologi Pengujian Untuk Memprediksi Usia Manusia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda