Scroll to Top

Z3RO Pro Computer, Komputer Super Mini untuk Pusat Hiburan & Bisnis

By Ditya / Published on Thursday, 17 Jan 2013

Xi3 memamerkan sebuah komputer super mini bernama Z3RO Pro Computer. Komputer yang mengusung small form factor ini mengusung dimensi yang super mini, yakni 1,875 x 4,875 x 3,625 inci saja. Z3RO Pro Computer dirancang untuk memenuhi kebutuhan komputasi rumahan, bisnis, dan pusat hiburan atau HTPC (Home Theatre Personal Computer).

Meski berukuran super mini, spesifikasi yang diusung oleh Z3RO Pro Computer ini cukup meyakinkan. Z3RO Pro Computer ditenagai oleh prosesor x86 dual-core dengan kecepatan 1,65GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB DDR3 dan grafis yang 80 core yang telah terintegrasi di dalamnya.

Sayangnya, tak disebutkan prosesor apa yang digunakan oleh Z3RO Pro Computer ini. Namun, jika dilihat spesifikasi yang diusung oleh Z3RO Pro Computer ini, sepertinya ditenagai oleh AMD APU E450 yang juga memiliki kecepatan 1,65GHz dan grafis 80 core terintegrasi.

“Z3RO Pro Computer adalah ukuran  yang paling  ideal dalam form factor untuk komputasi kecil berbasis x86 umum. Di era pasca-PC, itu jelas bahwa tidak ada alasan untuk membeli sebuah komputer desktop. Z3RO Pro Computer akan membantu melengkapi jajaran produk Xi3 di pasar desktop,” kata Jason A. Sullivan, CEO dan pendiri Xi3.

Z3RO Pro Computer ini juga dibekali berbagai fitur konektivitas, sebut saja hadirnya dua display port untuk menampilkan gambar di layar dengan resolusi 2560 x 1600 piksel, HDMI, port Gigabit Ethernet, dan empat port eSATA.

Sedangkan sisi ruang penyimpanan, Z3RO Pro Computer menghadirkan pilihan penyimpanan antara 16GB hingga 1TB menggunakan media berupa SSD (Solid State Drive). Komputer mungil ini juga hemat energi, yakni hanya mengonsumsi daya total sekitar 15W saja.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (16/01/2013), Z3RO Pro Computer akan menggunakan sistem operasi OpenSUSE Linux  11.2. Namun, pengguna dapat mengganti sistem operasi tersebut dengan Linux lain atau Windows 8. Z3RO Pro Computer dibandrol dengan harga mulai USD $399.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda