Scroll to Top

Samsung Galaxy Note 3 Ditenagai Prosesor 8 Core Exynos 5 Octa?

By Ditya / Published on Thursday, 17 Jan 2013

Galaxy Note 2

Samsung telah memamerkan chipset Exynos 5 Octa 8 core di ajang CES 2013 lalu. Kini beredar kabar bahwa chipset Exynos 5 Octa yang mengusung 8 core prosesor tersebut akan menjadi dapur pacu utama untuk phablet Samsung Galaxy Note 3.

Laporan dari The Korean Times yang mengutip dari sumber anonim mengatakan bahwa Samsung Galaxy S3 akan ditenagai oleh prosesor 8 core dari chipset Samsung Exynos 5 Octa dan dibekali layar berukuran besar, yakni 6,3 inci.

Jika benar Samsung Galaxy Note 3 mengusung layar berukuran 6,3 inci, maka akan menjadi lompatan yang cukup signifikan. Bandingkan saja dengan Galaxy Note generasi pertama yang mengusung layar 5,3 inci dan Galaxy Note 2 dengan layar 5,5 inci.

Samsung Galaxy Note 3 memang harus menampilkan sesuatu yang luar biasa, karena telah memiliki banyak “musuh” yang mengintai, sebut saja Huawei Ascend Mate, ZTE Nubia Z5, dan Lenovo K900.

Selain mengusung layar yang lebehi besar, Samsung Galaxy Note 3 kabarnya nakan ditenagai oleh chipset Exynos 5 Octa yang sempat dipamerkan oleh Samsung di ajang CES 2013 lalu.

Prosesor Exynos 5 Octa ini adalah prosesor 8 core yang sebelumnya dikenal dengan chip big.LITTLE yang sempat dikabarkan akan menjadi dapur pacu Samsung Galaxy S4.

Exynos 5 Octa ini disebut sebagai chip big.LITTLE karena menggabungkan 2 arsitektur prosesor dalam 1 chip. Samsung Exynos 5 Octa ini terdiri dari 4 coreARM Cortex-A15 yang powerfull sekaligus mewakili kata “big” untuk mengerjakan tugas berat.

Sedangkan kata LITTLE diwakili 4 core sisanya yang menggunakan arsitektur prosesor ARM Cortex-A7 yang dikenal sebagai prosesor hemat daya untuk mengerjakan tugas ringan.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (16/01/2013), sampai saat ini tak ada komentar resmi dari Samsung mengenai kehadiran dan spesifikasi teknis Galaxy Note 3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda