Scroll to Top

Timnas Indonesia: Nil Maizar Puji Nasionalisme Raphael Maitimo

By Aditya / Published on Thursday, 17 Jan 2013

Raphael Maitimo Timnas Indonesia

Raphael Maitimo adalah salah satu pemain naturalisasi yang turut memperkuat Timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF 2012 yang baru lalu. Menyongsong Pra Piala Asia 2015, pemain kelahiran Belanda berdarah Minangkabau ini kembali dipanggil untuk membela tim Merah-Putih. Apa kata pelatih Nil Maizar mengenai sosok Raphael Maitimo dan nasionalisme?

Nil Maizar mengaku salut dengan dedikasi seorang Raphael Maitimo terhadap negaranya. Meskipun tidak dilahirkan di Indonesia, namun rasa nasionalisme pemain berusia 28 tahun ini sangat patut untuk dijadikan teladan bagi pemain lain.

“Raphael (Maitimo) merupakan contoh pesepakbola yang cinta kepada negaranya,” puji Nil Maizar.

Di ajang Piala AFF 2012 silam,  Raphael Maitimo menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan. Bahkan, bek berusia 28 tahun ini menjadi pencetak gol perdana Timnas Indonesia di ajang antar negara ASEAN itu.

Sebagai pelatih, Nil Maizar pun mengakui kehebatan Raphael Maitimo. Menurut mantan pembesut Semen Padang ini, Raphael Maitimo memiliki kemampuan dan visi bermain yang cukup baik.

“Ia punya karakter dan kemampuan fisik untuk bersaing dengan pemain lain,” kata Nil Maizar.

Nil Maizar juga melihat Raphael Maitimo mampu bermain di sejumlah posisi yang berbeda. Di Timnas Indonesia, eks pemain tim junior SC Feyenoord Rotterdam dan Bali de Vata ini biasa dipasang sebagai bek sayap, terutama untuk mengisi sektor kanan. Namun, Nil Maizar mengisyaratkan bakal menjajalnya untuk posisi lain.

“Untuk Piala Asia, sepertinya akan dimantapkan untuk mengisi pos yang sama (bek sayap). Tetapi semua terpulang kepada kebutuhan tim nanti. Yang jelas, saya melihat dia selalu berusaha memberikan seluruh kemampuan terbaik ketika diturunkan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda