Scroll to Top

Graph Search Lahan Baru Mark Zuckerberg Keruk Pendapatan dari Pengguna?

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 17 Jan 2013

Mark Zuckerberg

Facebook baru saja merilis Graph Search, sebuah layanan sejenis mesin pencari. Banyak pengamat yakin jika Graph Search akan menjadi lahan baru Mark Zuckerberg untuk mengeruk pendapatan dari pengguna. Apa yang akan ia lakukan?

Mulai tahun lalu, 2012, Facebook seakan semakin gencar mengais rezeki melalui penggunanya. SidomiNews pernah mengupas bagaimana cara Facebook menarik ‘pungli’ melalui layanan yang disediakan.

Masifnya Facebook  dalam menghasilkan uang setidaknya didasarkan pada dua hal: IPO dan akuisisi Instagram. Facebook harus mati-matian mengembalikan modal mereka yang dihabiskan untuk membeli aplikasi pengolah foto tersebut.

Nah mengapa Graph Search dikatakan lahan baru? Sebab bukan menjadi rahasia umum banyak perusahaan internet yang memanfaatkan mesin penelusurannya untuk mencetak laba. Google, Bing, dan Yahoo! melakukannya.

Secara sederhana, pengguna yang mencari konten apapun di salah satu mesin pencari di atas, akan memasukkan kueri atau kata kunci. Kemudian mesin pencari akan menampilkan iklan sesuai dengan kata kunci tersebut.

Misalkan saja Anda memasukkan kueri ‘kamera bekas’ atau ‘laptop bekas’. Bisa dipastikan iklan-iklan yang muncul di hasil penelusuran adalah produk-produk TokoBagus, Berniaga, atau Rakuten.

Tahukah Anda jika laba Google 97% diantaranya dari iklan ini. Tidak mungkin jika Mark Zuckerberg tidak tergiur dengan lahan basah tersebut. Apakah istri Priscilla Chan ini akan segera menempuh langkah serupa? Belum tentu.

Hal itu mungkin saja dilakukan, namun tidak untuk saat ini atau waktu dekat. Laman CNET News menulis jika hal ini terkait dengan kemitraan bersama Bing. Namun untuk jangka panjang, bersiap saja iklan-iklan akan bersliweran di Graph Search yang masih berstatus beta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda