Scroll to Top

‘Barca-Madrid Beda 18 Angka, Liga Spanyol Sudah Berakhir’

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 17 Jan 2013

Barca-Madrid Beda 18 Angka Liga Spanyol Sudah Berakhir

Pep Guardiola menyebutkan bahwa dengan jarak Barcelona dengan Real Madrid yang terlalu jauh, bisa dikatakan bahwa Liga Spanyol sudah berakhir. Selain itu, pelatih Bayern Munchen musim depan ini mengungkapkan kerinduannya dengan pertandingan sepakbola. Pep juga meyakini, mampu membawa tim yang diasuhnya, bermain dengan gaya khas Barcelona selama ini: bermain dengan bola, dan melakukan segalanya terhadap bola tersebut.

Barcelona saat ini sudah unggul 18 angka dari Real Madrid. Bahkan dengan Atletico yang duduk di peringkat kedua, pasukan Tito Vilanova terpaut margin 11 poin. Bagi Pep Guardiola, mantan pelatih Barca, hal ini sudah menandakan bahwa Liga Spanyol sudah berakhir.

“Akan menjadi sebuah kekeliruan jika Barcelona terjungkal dari perebutan gelar juara Liga Spanyol. Jarak yang tercipta, terlihat tak bisa diatasi. Bukan karena Real Madrid tak mampu memenangi semua pertandingan sisa. Tapi karena saya melihat, Barcelona tidak akan kalah cukup banyak (sehingga tak mungkin tersalip Real Madrid). Saya pikir, persaingan Liga Spanyol saat ini, sedikit banyak sudah berakhir,” kata Pep kepada FIFA.

Ada pertanyaan, kala Guardiola melatih lagi kelak, apakah ia akan memakai gaya Barca? Mantan gelandang terbaik klub Catalan ini mengakui bahwa, “prinsip di balik gaya Barcelona sangat simpel: bermain dengan bola, dan melakukan segalanya dengan benda tersebut. Yang dilakukan Barcelona hanyalah saling mengumpan dengan sesama rekan sebanyak mungkin, dan melihat apakah mampu menciptakan gol dari cara tersebut.”

Pep meyakini bahwa gaya main Barcelona akan dibawanya selama melatih sebuah klub. “Apa yang hendak saya lakukan pada masa mendatang adalah, apa yang saya perbuat selama menjadi pemain, yang saya percayai, dan apa yang ada selama saya melatih dalam lima tahun terakhir. Menyerang sebisa mungkin, mempertahankan bola, dan umpankan pada orang yang berkostum sama,” katanya.

Pep Guardiola sendiri mengaku tersanjung dengan keberhasilan Barcelona era Tito Vilanova. Baginya, kesuksesan Barca saat ini, adalah hadiah terbaik yang pernah digapainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda