Scroll to Top

Barcelona Tak Bisa Ditiru Klub Lain

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 18 Jan 2013

Barcelona Tak Bisa Ditiru

Barcelona telah menunjukkan kekuatan mereka pada seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Tiki-taka mereka menyedot banyak penggemar baru, dan membawa klub Catalan memenangi banyak gelar. Namun, bukan berarti gaya bermain sepakbola macam ini bisa ditiru. Adalah sebuah kesalahan besar jika ingin mencontoh taktik Barcelona secara keseluruhan. Demikian yang diungkapkan oleh Fabio Capello. Senada dengan mantan pelatih Real Madrid, Neil Lennon, manajer Glasgow Celtic juga menegaskan hal serupa, meski menyebutkan Barca adalah tim terbaik yang pernah dilihatnya.

Bisakah klub-klub besar dunia, seperti Bayern Munchen yang kelak dilatih Pep Guardiola, meniru gaya bermain Barcelona? Bagi Fabio Capello, mengadopsi gaya Barcelona secara keseluruhan, hanya akan membuat sebuah klub berada dalam kekeliruan besar. Tiki-taka bisa diterapkan di Barcelona, karena memang cocok dengan para pemain di kubu Camp Nou.

“Saat ini, (gaya main) Barcelona menjadi patokan taktik di seluruh dunia. Tapi, usaha untuk menyalin gaya Barca adalah sebuah kekeliruan besar. Gaya Barcelona baik karena sesuai dengan para pemain mereka. Memang, Barcelona menampilkan gaya baru. Tapi, Anda membutuhkan seorang dengan bakat seperti Andres Iniesta atau Lionel Messi jika ingin mengadopsi gaya bermain seperti ini,” sebut Capello.

Mantan pelatih Real Madrid ini juga membandingkan gaya menyerang Barca dengan umpan dari kaki ke kaki ini, dengan taktik defensif. Dibandingkan taktik Barcelona, gaya defensif malah lebih mungkin diadopsi banyak tim karena caranya lebih simpel.

Senada dengan Capello, Neil Lennon, manajer Glasgow Celtic, menyatakan bahwa seorang pelatih seharusnya mempertimbangkan budaya klub, tidak asal mencontek gaya strategi Barcelona.

“Barcelona saat ini adalah pencipta standar. Tapi, menyaksikan para pelatih memaksakan gaya bermain ala mereka pada tim adalah hal berbahaya. Perhatianlah pada budaya sepakbola di klub Anda. Bahkan meski Barcelona dan timnas Spanyol mungkin adalah tim terbaik yang pernah saya lihat,” kata Lennon yang musim ini bisa menaklukkan Barcelona dengan skor 2-1 di Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda