Scroll to Top

FB Rilis Search Engine, Bos Google: Produk Mereka Buruk

By Ibnu Azis / Published on Friday, 18 Jan 2013

Larry Page

FB telah rilis search engine yang mereka sebut Graph Search. Disiratkan oleh Larry Page, bos Google, jika produk Facebook tersebut buruk. Apa yang melandasi co-founder Google berkata demikian?

Dalam sebuah wawancara dengan Wired ia berujar demikian. Menurutnya Facebook perusahaan yang kuat di bidangnya. Namun mereka melakukan sesuatu yang buruk pada produknya.

“Ya mereka perusahaan yang kuat di ruang itu. Tapi mereka juga melakukan pekerjaan yang benar-benar buruk di produk mereka. Bagi kami untuk menuju sukses, apakah perlu perusahaan lain gagal? Tidak. Kami melakukan sesuatu yang beda,” ujarnya.

Sayangnya Larry Page tidak menjelaskan dengan detail maksud kata ‘buruk’ tersebut. Apa yang membuat ia tidak terkesan. Apa yang mengganggu fikirannya. Namun jika kembali ke belakang, Google pun pernah dicibir serupa.

Tatkala memutuskan terjun ke ranah jejaring sosial, tak sedikit kritikan pedas mengalir ke Google. Ranah Google ya mesin pencari, bukan ke hal-hal yang mengarah ke sosial. Lantas apa komentar Larry Page?

“Saya fikir itu keterlaluan jika berkata hanya ada satu ruang perusahaan di wilayah ini (sosial). Kami memulai dengan pencarian dan semua orang berkata kami akan gagal,” ujarnya.

Anggapan tersebut bukannya tanpa alasan. Patut diingat jika ranah sosial sudah banyak yang bermain. Facebook jelas sebagai raja. Didamping Twitter ratunya. Belum lagi ditambah jejaring sosial lain, mulai yang bermain dari lokasi hingga foto.

“Sekali lagi mereka bilang kami akan gagal. Sudah ada lima perusahaan pencarian kala itu. Namun kami melakukan sesuatu yang beda. Itulah bagaimana kami memetakan semua area,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda