Scroll to Top

PSSI Beri Subsidi Klub IPL Hingga 2-5 Miliar?

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 18 Jan 2013

Semen Padang Arema IPL

PSSI telah membuat wacana hanya memperbolehkan sebuah klub IPL memiliki anggaran paling banyak Rp12 miliar per musim. Wacana pemberlakuan financial fairplay secara resmi akan diterapkan kepada seluruh tim perserta IPL.

Dari jumlah itu 60% di antaranya harus dialokasikan untuk membayar gaji pemain dan pelatih, sementara sisanya 40% untuk biaya operasional klub.

Ketika dimintai konfirmasinya, anggota komite eksekutif PSSI bidang kompetisi Sihar Sitorus tidak membantah hal tersebut.

“Kita minta dukungan klub-klub untuk menegakkan aturan ini, apalagi UEFA juga sudah lama menerapkannya. Financial fairplay diharapkan bisa menyelamatkan klub dalam hal menghemat anggaran” harap Sihar Sitorus.

Penegakkan aturan ini, sekaligus jawaban PSSI atas banyaknya kasus penunggakan gaji yang terjadi di IPL musim lalu.

Sihar berharap aturan ini bisa meminimalisir, bahkan menghilangkan tunggakan tersebut musim depan.

Selain hal itu setelah resmi menggandeng perusahaan media massa asal Amerika Serikat News Corp, PSSI juga berencana akan mendistribusikan dana subsidi Rp2-5 miliar untuk setiap klub peserta IPL per musimnya.

PSSI mengatakan jika perusahaan milik Rupert Murdoch itu akan mengucurkan dana US$25-30 juta per tahun.

Durasi kerja sama pun bakal berlangsung dalam jangka panjang, yaitu 25-30 tahun dengan evaluasi per 5 hingga 10 tahun dan opsi nominal bertambah tiap tahunnya.

Atas kerja sama ini, beberapa orang dari News Corp akan terjun langsung untuk mengeksekusi kontrak.

Bukan hanya liga yang akan diurus, News Corp juga akan mencari pengiklan untuk IPL yang tahun lalu kalah pamor dengan Indonesia Super League (ISL) dalam hal sponsor.

“Kami tidak hanya mengurusi liga, tapi juga periklanan dan kemungkinan menayangkan pertandingan di luar negeri. Kami punya pengalaman melakukan itu di Belanda dan Afganistan” ungkap Direktur Grup News Corp, Sarah Harden.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda