Scroll to Top

Baterai Lentur & Dapat Dilipat Dikembangkan Ilmuwan untuk Ponsel Layar Fleksibel

By Ditya / Published on Friday, 18 Jan 2013

Baterai

Ilmuwan Korea dikabarkan telah menemukan bahan atau material untuk membuat baterai lithium ion fleksibel yang dapat dilipat atau ditekuk. Baterai fleksibel seperti ini diperlukan untuk mendukung kehadiran smartphone dengan layar OLED (Organic Light Emiting Diode) fleksibel seperti Samsung Youm.

Kehadiran smartphone dengan layar gulung atau layar fleksibel seperti Samsung Youm dan Youm Glide ini tak akan bisa terwujud sebagai produk konsumer jika tidak didukung oleh komponen yang fleksibel pula. Ilmuwan Korea telah bekerja keras untuk menemukan material baterai yang dapat ditekuk atau dilipat.

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Profesor Lee Sang-young dari Ulsan National Institut Sains dan Teknologi, akan mempublikasikan temuannya mengenai baterai fleksibel dalam jurnal Advanced Material tahun ini.

Menurut Korea Joongang Daily yang mengutip  dari Departemen Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi, baterai Lithium Ion tradisional dibangun dengan menuangkan elektrolit cair ke dalam casing yang solid.

Sedangkan pada penemuan baterai fleksibel kali ini adalah mengganti dengan cairan elektrolit dengan sesuatu yang mirip dengan benda cair, yakni sebuah eleketrolit polimer padat yang tidak memerlukan casing layaknya baterai tradisional.

Menurut Joongang Daily, baterai ini harus lebih stabil dan tangguh dari baterai tradisional yang bahkan membawa risiko ledakan. Mereka juga akan lebih cepat untuk diproduksi. Elektrolit hanya dapat menyebar seperti selai pada elektroda dan terkena sinar UV selama 30 detik.

Seperti yang dilansir dari Wired (17/01/2013), baterai fleksibel ini memang masih harus menempuh jalan yang sangat panjang untuk dapat diproduksi secara massal dan digunakan pada ponsel-ponsel modern. Meski demikian, temuan ini merupakan sebuah lompatan teknologi yang harus terus dikembangkan.

Sebelumhya, Nokia pernah memiliki sebuah konsep yang mirip dengan ini, yakni Nokia Morph yang pernah dipamerkan di tahun 2008 lalu, berikut video Nokia Morph.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda