Scroll to Top

Ini Penyakit yang Kerap Mewabah Saat Banjir

By C Novita / Published on Friday, 18 Jan 2013

penyakit saat banjir

Banjir sudah menjadi sebuah musibah yang tentu merugikan dan merepotkan. Belum lagi jika ditambah dengan berbagai penyakit yang kerap menyertai bencana tersebut. Penyebabnya tentu karena kondisi lingkungan yang kotor, daya tahan tubuh menurun serta asupan makanan yang tak mencukupi.

Apa saja penyakit yang perlu diwaspadai saat banjir sedang melanda? Berikut ini seperti dilansir metrotvnews:

  • 1. Sakit kulit

Penyebabnya tentu karena lingkungan yang kurang higienis hingga menyebabkan infeksi, alergi pada kulit. Gejalanya adalah gatal-gatal, kulit merah, dan ruam.

  • 2. Sakit pencernaan.

Misalnya saja yang terjadi di saluran cerna, yaitu demam tifoid. Jika terjadi di pencernaan, misalnya diare dan sakit perut. Sanitasi buruk dan makanan yang tercemar adalah penyebabnya.

  • 3. DBD

Nyamuk penyebab penyakit DBD biasanya berkembang pesat kala banjir. Apalagi jika Anda tinggal sementara di pengungsian, dimana nyamuk menjadi sulit dihindari. Waspadalah dengan selalu menggunakan obat anti nyamuk.

  • 4. Leptospirosis

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira ini mudah menginfeksi kulit yang terluka. Karenanya, jauhi air banjir jika Anda sedang menderita luka.

  • 5. ISPA

Suhu dingin di pengungsian menjadi penyebab utama ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut. Bakteri dan virus mudah menyebar hingga menyebabkan batuk dan demam. Menggunakan masker bisa jadi salah satu cara mencegahnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda