Scroll to Top

Tips Tidur Lebih Nyaman Saat Terkena Flu

By Ilham Choirul / Published on Friday, 18 Jan 2013

tidur

Penyakit flu dan pilek begitu mudah dialami pada musim hujan seperti ini. Hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, hingga demam begitu menyiksa ketika sudah menjangkiti tubuh. Terlebih lagi, kala flu datang biasanya disertai tidur yang tidak nyenyak. Kadang kala,  saat tidur disertai oleh mimpi-mimpi buruk apalagi jika demam menyerang.

Memburuknya kualitas tidur sewaktu flu ini mesti dicari jalan keluarnya. Sebab, flu harus dilawan dengan kekebalan tubuh yang prima dan salah satunya melalui kualitas tidur yang baik. Dikutip dari Huffington Post, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengembalikan kualitas tidur pada saat terkena flu:

  1. Hati-hati dalam mengonsumsi obat flu. Tidak semua obat flu cocok buat Anda. Kadang ada efek samping  yang muncul seperti gelisah hingga naiknya detak jantung. Zat dekongestan pseudoephedrine kemungkinan menjadi penyebab efek samping itu. Obat yang dijual bebas di pasaran dimungkinkan memiliki dosis lebih tinggi dari yang ddibutuhkan. Obat tersebut sering menggabungkan kandungan untuk mengatasi gejala yang dipadu dengan efek penenangan.
  2. Ganjal kepala Anda lebih tinggi saat tidur. Ini bisa membuat Anda bernapas lebih mudah, mengurangi tekanan di sinus, dan mencegah tersedak karena ingus.
  3. Mandi dengan air hangat atau cenderung panas membuat tubuh lebih siap untuk tidur. Uap panas air juga membantu meringankan gejala flu dan pilek. Sehingga, Anda pun lebih mudah untuk tidur dengan napas yang sedikit lebih lega.
  4. Minumlah teh. Teh panas membantu pikiran lebih rileks sekaligus mengencerkan lendir.  Tambahkan madu untuk lebih mengefektifkan reaksi penenangan bagi tubuh dan membantu mengobati sakit tenggorokan.
  5. Usahakan selalu cukup air sepanjang hari. Tubuh yang terhidrasi membantu mengurangi reaksi hidung tersumbat.  Di samping itu, saat Anda harus bernapas melalui mulut atau sedang batuk, semua itu memberikan kontribusi pada menguapnya cairan di tubuh. Sediakan selalu botol air minum di dekat Anda.
  6. Kurangi banyak tidur di siang hari. Sebab, hal tersebut membuat Anda tidak bisa segera tertidur kala malam tiba. Tubuh Anda masih merasa harus terjaga.
  7. Atur suasana tempat tidur senyaman dan sebersih mungkin. Pastikan kamar tenang, gelap, tidak panas agar Anda mudah terpejam sampai pagi.
  8. Jangan makan pil tidur. Sebab, reaksi pil tidur dengan obat-obatan flu yang cenderung berbasis alkohol dapat menimbulkan reaksi berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda