Scroll to Top

PSSI Hanya Sebagai Fasilitator Timnas Indonesia U-23

By Aditya / Published on Friday, 18 Jan 2013

Timnas Indonesia U-22 - Hendra Bayauw

PSSI seharusnya hanya berperan sebagai fasilitator dalam pembentukan Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan untuk berlaga di SEA Games 2013. Hal ini diakui sendiri oleh manajer tim Garuda Muda yang notebene bernaung di bawah PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin, Edi Nurindra Susila.

Ia mengatakan, berdasarkan aturan yang berlaku, PSSI memang hanya sebagai fasilitator saja. Sedangkan mengenai pembentukan Timnas Indonesia U-23 yang akan dikirim ke SEA Games 2013, termasuk penunjukan pelatih, merupakan wewenang Satlak Prima yang dinaungi oleh KONI.

“Secara aturan, memang Satlak punya kewenangan untuk menunjuk pelatih. Karena itu, kami masih menunggu Satlak seraya tambahan saran dari PSSI,” ungkap Edi Nurindra Susila di Jakarta

Antara PSSI dan KONI memang terjadi silang pendapat mengenai pembentukan Timnas Indonesia U-23. PSSI masih ngotot bahwa pihaknya yang paling berwenang mengelola timnas, termasuk mempertahankan Aji Santoso sebagai pelatih. Di sisi lain, KONI pun berencana membentuk Timnas Indonesia U-23 yang akan diterjunkan ke SEA Games 2013.

“Sejauh ini, PSSI masih mempercayakan Aji Santoso sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-23 yang resmi,” kata Edi Nurindra Susila.

“Pemain dipanggil mengikuti pemusatan latihan berdasarkan Surat Keputusan dan pemanggilan dari Satlak Prima. Tugas PSSI hanya sebagai fasilitatornya saja,” tegas Edi Nurindra Susila sekali lagi.

Ketua Umum KONI, Tono Suratman, pun kembali menegaskan bahwa pihaknya akan segera membentuk Timnas Indonesia U-23 sekaligus menentukan pelatih tim Garuda Muda.

“Kami sedang menimbang-nimbang siapa yang pantas menjadi pelatihan Timnas Indonesia U-23. Sejauh ini, sudah ada beberapa calon namun belum bisa diputuskan,” tandas Tono Suratman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda