Scroll to Top

Real Madrid 30 Pertandingan Beruntun Tak Terkalahkan di Santiago Bernabeu

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 19 Jan 2013

Real Madrid 30 Pertandingan Beruntun Tak Terkalahkan di Santiago Bernabeu

Real Madrid boleh-boleh saja tertinggal 18 angka dari Barcelona di awal kompetisi Liga Spanyol. Iker Casillas cs. memang mengalami masalah di ruang ganti seperti pertengkaran Jose Mourinho dengan Cristiano Ronaldo. Tapi Santiago Bernabeu telah menjadi tempat keramat dalam setahun terakhir. Ya, Los Blancos tercatat tak pernah tumbang dalam 30 pertandingan terakhir mereka di kandang.

Leg pertama perempat final Copa del Rey 2012. Real Madrid kala itu tumbang oleh Barcelona dengan skor 1-2. Hujatan kepada Jose Mourinho bahkan mengalir dari media yang selama ini pro Madrid. Semua mempertanyakan strategi The Special One yang tak kuasa menahan gempuran Barca. Laga itu berlangsung pada 19 Januari 2012. Dan selang setahun kemudian, pasukan Los Blancos menjawab semua kritikan: mereka tak pernah lagi tumbang di Santiago Bernabeu.

30 laga berlalu. 24 lawan dihadapi. 20 pertandingan di Liga Spanyol. 6 di Liga Champions. Tiga di Copa del Rey. Dan satu di Piala Super Spanyol. Timbangan Bernabeu terlalu berpihak pada Real Madrid. Sepanjang laga-laga tersebut, Los Blancos tercatat meraih 25 kemenangan dan lima kali hasil imbang. Bahkan Barcelona bisa ditaklukkan dengan skor 2-1 di Supercopa de Espana.

Yang lebih mengerikan adalah jumlah gol yang diborong pasukan Jose Mourinho di kandang. 95 kali mereka menjebol gawang lawan di Bernabeu. Setara dengan 3,1 gol per pertandingan. Rekor terbobol juga cukup apik. Iker Casillas dan Antonio Adan cuma terbobol 24 kali atau rata-rata 0,8 gol perlaga.

Dan sekali lagi Cristiano Ronaldo menunjukkan dialah raja Santiago Bernabeu. Ia mencetak 35 gol dalam 30 pertandingan tersebut. Jika dilihat dari gol per pertandingan, tercatat CR7 cuma delapan kali mandul di kandang sendiri.

Ujian bagi Santiago Bernabeu masih panjang. Real Madrid butuh keangkeran stadion ini untuk membuat mereka merampas gelar yang tersisa musim ini: Copa del Rey dan Champions League. Dan hal tersebut, terutama akan dimulai pada bulan Februari mendatang, kala Manchester United mendatangi markas Los Blancos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda