Scroll to Top

Timnas Indonesia: VO2 Max Andik Vermansyah Tertinggi

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 19 Jan 2013

Timnas Indonesia telah melakukan tes kesehatan terhadap pemain yang mengikuti pelatihan di Medan. Dari tes yang dilakukan terdapat beberapa berita positif, namun ada pula beberapa kabar negatif.

Berdasarkan hasil tes fisik tersebut, Andik Vermansah tercatat memiliki volume maksimal oksigen Vo2 Max tertinggi.

Tidak hanya Andik, Mario Aibekop juga tercatat memiliki Vo2 yang sama dengan Andik yakni 57.

Sementara itu rekan setim Andik di Persebaya, Taufik telah memenuhi standar minimal VO2 Max timnas, yakni 56.

Sebagai informasi, VO2 Max adalah volume maksimal O2 yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif.

VO2 Max ini adalah suatu tingkatan kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter per menit atau milliliter/menit/kg berat badan.

Sedangkan tes untuk mengukur kondisi fisik pemain itu meliputi agility (kelincahan), speed (kecepatan), endurance (daya tahan), power (kekuatan) dan flexibility (kelenturan).

Dalam tes itu juga tercatat VO2 Max terendah dimiliki oleh Endra Prasetya, Wahyu Wijiastanto, Liswanto, dan Yorgen Wayega. Vo2 Max yang dihasilkan pemain tersebut hanya 50.

Rencananya semua hasil ini akan dikomunikasikan dengan tim pelatih, untuk menentukan program yang sesuai.

Namun sebelumnya berita tidak menggembirakan sempat datang dari lima pemain Timnas Indonesia, yang konon mengalami infeksi ginjal.

Ketika dimintai komentarnya, dokter Syarief Alwi Marupey tidak membantah hal tersebut.

Kelima pemain tersebut yakni Oktovianus Maniani, Agus Nova Wiantara, Agung Supriyanto, Ketut Mahendra, dan Fasco Manibor.

Namun Syarief Alwi Marupey telah melakukan tindakan medis, dengan memberikan obat agar kondisi para pemain tersebut bisa cepat membaik.

Dokter Syarief Alwi Marupey juga memastikan bahwa seluruh pemain Timnas Indonesia, secara umum dalam kondisi baik. Itu artinya tidak ada satupun yang harus dicoret dan dipulangkan dari TC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda