Scroll to Top

Nokia Pangkas Ratusan Pekerja Divisi IT

By Ditya / Published on Saturday, 19 Jan 2013

Nokia Asha 205

Masa gelap Nokia tampaknya belum berakhir, pasalnya produsen ponsel asal Finlandia ini baru saja memangkas ratusan pekerja di di divisi IT (Information Technology) dan mentransfer 820 pekerja ke proyek eksternal perusahaan.

Nokia memutuskan untuk memangkas sekitar 300 karyawan yang berasal dari departemen IT dan mentransfer 820 karyawan lainnya menjadi tenaga untuk proyek eksternal. Mayoritas karyawan yang diberhentikan ini berasal dari markas Nokia di Finlandia. Hal ini terpaksa dilakukan Nokia dalam rangka melakukan efisiensi dan biaya operasional perusahaan.

Nokia mengatakan mereka yang diberhentikan akan ditawarkan untuk berpartisipasi dalam program Bridge, yang melihat mantan karyawan memulai perusahaan mereka sendiri atau melanjutkan dengan proyek eksternal.

“Nokia yakin perubahan ini akan meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya operasi menciptakan sebuah organisasi TI dan ruang lingkup yang tepat untuk ukuran Nokia saat ini,” katanya Perusahaan tersebut.

Sebelumnya pembesut smartphone Lumia ini telah menjual markas kebanggaan mereka di Finlandia yang ssering disebut sebagai Nokia House dan kini markas tersebut tetap digunakan Nokia dengan status sewa.

Mantan penguasa pasar ponsel selama 14 tahun ini saat ini memang sedang terpuruk. Populernya platform iOS dan Android menjadi salah satu faktor yang membuat Nokia terpuruk selain kehadiran pesaing kuat seperti Samsung, Apple, dan Sony.

Perusahaan yang berbasis di Finlandia ini kini menggantungkan harapan penjualan smartphone kelas menengah atas melalui seri Lumia dan menggarap segmen menengah ke bawah melalui seri Nokia Asha.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (18/01/2013), Nokia telah mengonfirmasi bahwa pihaknya telah sukses menjual 86,3 juta unit ponsel dan 4,4 juta smartphone Windows Phone melalui seri Lumia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda