Scroll to Top

VIA APC Rock & Paper, Komputer Mini Pesaing Raspberry Pi

By Ditya / Published on Saturday, 19 Jan 2013
APC Paper
APC Paper

Awal tahun 2013 ini VIA merilis dua komputer mini yang disebut dengan APC (Android Personal Computer), yakni APC Rock dan Paper. Kehadiran dua komputer mini yang mengusung konsep DIY (Do it Yourself) ini sengaja diluncurkan VIA untuk menahan laju Raspberry Pi yang kini populer.

Popularitas Raspberry Pi yang dijual dengan harga USD $35 terus meningkat ini membuat VIA menghadirkan produk dengan konsep PC DIY yang berbasis ARM yang mengusung nama APC, yakni APC Rock dan Paper.

APC Rock dan Paper mengusung spesifikasi yang sama dan tak terlalu canggih. VIA membekali APC Rock dan Paper dengan prosesor ARM Cortex-A9 single-core yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 512MB.

Sedangkan di sisi grafis, komputer mini  APC Rock dan Paper ini dibekali grafis dengan chip yang tak diketahui, hanya saja VIA mengklaim bahwa grafis tersebut mampu mendukung layar resolusi full high definition 1920 x 1080 piksel.

APC Rock
APC Rock

APC Rock dan Paper dilengkapi dengan memori internal sebesar 4GB yang ditemani dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 32GB. Tak hanya itu, APC Rock dan Paper juga dilengkapi dengan port HDMI, LAN, dua port USB 2.0, microphone, dan headphone jack.

Meski keduanya mengusung spesifikasi sama, VIA APC Rock dan Paper memiliki perbedaan. APC Rock dibekali dengan port VGA, sedangkan APC Paper tidak. APC Rock hadir seperti Raspberry Pi, yakni dalam bentuk board telanjang, sedangkan APC Paper telah dilengkapi dengan casing yang terbuat dari kardus daur ulang.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (18/01/2013), APC Rock dan Paper dilengkapi dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread dan dapat diupgrade ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

APC Rock dijual dengan harga USD $49 atau sekitar Rp 480 ribu, sedangkan APC Paper dijual dengan harga yang lebih mahal, yakni USD $99 atau sekitar Rp 960 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda