Scroll to Top

Kamar Mandi Harus Terang

By angelberta / Published on Sunday, 21 Aug 2011

 

kamar mandi harus terangMasih ingat pepatah : kebersihan adalah pangkal kesehatan?

Ya, benar. Kebersihan pertama-tama harus diawali dari diri sendiri, kemudian lingkungan.

Bila lingkungan di sekitar kita selalu bersih, pasti kita juga akan merasakan nyaman.

Begitupula halnya dengan kebersihan kamar mandi yang merupakan kunci dari kesehatan diri. Cahaya dan dinding yang terang merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan kamar mandi.

Karena kondisi ukuran kamar mandi lebih kecil daripada ruang lainnya, maka tempat ini lebih sensitif terhadap jamur dan kotoran. Mengapa? Sebab ruang ini merupakan tempat untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di badan. Disisi lain, kelembaban merupakan faktor pemicu berkembangnya jamur.

Pada saat tidak ada pergantian udara, maka kelembapan ruangan ini akan semakin tinggi. Bagaimana agar kamar tidak lembab, selalu terlihat bersih, segar, dan tidak sumpek? Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan.

  • Terapkan warna cerah supaya ruangan terlihat luas dan terkesan terang. Juga memudahkan Anda untuk mengetahui begitu ada kotoran yang menempel. Sehingga bisa lebih cepat dibersihkan.
  • Jangan gunakan dinding yang berkarakter menyerap air. Gunakan tegel porselen atau bahan lain yang tidak menyerap air agar mudah dibersihkan.
  • Kamar mandi hendaknya diberi ventilasi udara kurang lebih 20% dari luas salah satu bidang atap atau dinding kamar mandi. Fungsi dari ventilasi adalah untuk pergantian udara, sehingga kamar mandi tidak pengap dan lembab.
  • Apabila menggunakan bak mandi, sebaiknya pilihkan bak mandi dengan ukuran yang kecil atau kira-kira sesuai untuk kebutuhan pada saat mandi. Sebab, bak air yang besar justru meningkatkan kelembaban ruangan.
  • Jangan tunggu air dalam bak mandi sampai berubah warna. Anda harus rutin mengurasnya minimal seminggu sekali, supaya jamur dan bakteri tidak bersarang menjadi suatu penyakit.

Tips : untuk menambah kenyamanan supaya kamar mandi selalu segar, gunakan pewangi kamar mandi seperti aroma terapi, minyak essential dan lainnya yang banyak dijual di supermarket.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda