Scroll to Top

Atasi Kisruh PSSI, Roy Suryo Gunakan Prinsip Jawa

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 20 Jan 2013

Tanah Jawa memang memiliki banyak prinsip-prinsip yang bisa menjadi landasan filosofis seseorang dalam menjalani kehidupan. Alhasil tidak sedikit para pemimpin berusaha mengadopsi ajaran-ajaran Jawa dalam menentukan setiap kebijakannya.

Satu diantara pemimpin yang juga sering menggunakan filosofi Jawa adalah Roy Suryo. Tidak mengherankan jika akhirnya pengganti Andi Mallarangeng ini, akan menggunakan prinsip Jawa dalam mengatasi konflik PSSI.

Salah prinsip yang akan digunakan dalam menyelesaikan konflik PSSI adalah menang tanpo ngasorake, yang jika diartikan dalam bahwa Indonesia adalah menang tanpa mengalahkan.

Ketika dimintai komentarnya terhadap konflik PSSI, Roy Suryo beranggapan bahwa tugas untuk menyelesaikan dualisme tersebut memang tidak mudah karena ada permasalahan di hulu dan di hilir.

Roy Suryo mengatakan, permasalahan di hilir yang paling mendesak untuk segera diselesaikan adalah pembentukan timnas guna persiapan Pra Piala Asia Australia 2015 dan SEA Games Myanmar 2013.

Namun Roy Suryo menegaskan akan menyelesaikan permasalahan PSSI dengan menggunakan prinsip-prinsip Jawa.

“Saya akan selesaikan permasalahan PSSI dengan prinsip Jawa, menang tanpo ngasorake. Semua pihak harus legowo mengizinkan pemain-pemainnya demi membentuk timnas yang baik” ungkap Roy Suryo seperti yang dilansir Kompas.

Lebih lanjut Roy Suryo menjelaskan, dirinya tidak akan menambah konflik. Apa yang telah dilakukan Menpora sebelumnya sudah tepat dan tidak akan diulangi.

Pihaknya hanya akan mempertegas keputusan penyelesaian, pasalnya Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memberi batas waktu sampai dengan 16 Februari sedangkan batas waktu FIFA hingga 30 Maret.

Bisa saja nanti Menpora akan memilih satu, namun kalau memang harus dibubarkan pemerintah akan segera menyiapkan satu lembaga baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda