Scroll to Top

Timnas Indonesia Diimbangi Pro Duta Karena Minim Penyerang

By Aditya / Published on Sunday, 20 Jan 2013

Timnas Indonesia U-22 - Agung Supriyanto

Timnas Indonesia senior hanya mampu bermain imbang tanpa gol saat berujicoba melawan tim promosi Indonesia Premier League (IPL), Pro Duta, di Medan, Sabtu (19/1/2013). Salah satu yang menjadi dalih gagal menangnya timnas adalah karena minimnya penyerang di skuat Merah-Putih saat ini.

Alasan itu cukup masuk akal mengingat pelatih Nil Maizar saat ini hanya mempunyai satu penyerang murni, itu pun pemain muda yang masih minim pengalaman, yaitu Agus Supriyanto, yang sebelumnya menjadi andalan di  Timnas Indonesia U-22.

Padahal, Timnas Indonesia yang ditahan imbang Pro Duta adalah timnas senior yang dipersiapkan untuk menghadapi laga Pra Piala Asia 2015. Persoalan inilah yang membuat cemas tim pelatih Timnas Indonesia.

“Yang menjadi kekhawatiran sekarang adalah di lini depan. Kita enggak punya penyerang. Satu-satunya penyerang adalah Agung Supriyanto,” keluh asisten pelatih Timnas Indonesia, Fabio Oliviera.

Selain Agus Supriyanto, beberapa penyerang yang dipanggil ke Timnas Indonesia memang belum hadir dengan berbagai alasan. Irfan Bachdim masih berada di Thailand untuk mengikuti seleksi di klub BEC Tero Sasana, juga Bambang Pamungkas yang masih bermasalah dengan Persija Jakarta.

Penyerang timnas yang musim lalu membela Persibo Bojonegoro, Samsul Arif, sulit diharapkan karena telah pindah ke klub Indonesia Super League (ISL), Persela Lamongan. Sedangkan striker milik PSM Makassar, M. Rahmat, masih berkutat dengan cidera.

Kendati barisan depan Timnas Indonesia banyak dihuni para penyerang sayap maupun gelandang serang yang cukup mumpuni, namun kebutuhan akan striker murni tetap dibutuhkan karena diandalkan untuk membobol gawang lawan.

“Kami punya pemain-pemain sayap cepat seperti Hendra Bayauw, Okto (Maniani), dan Andik Vermansyah. Tetapi, masih diperlukan penyerang yang andal dalam penyelesaian akhir. Ini pekerjaan rumah buat tim pelatih,” ujar tangan kanan pelatih Nil Maizar ini.

Di pihak lain, pelatih Pro Duta, Roberto Bianchi, merasa puas dengan penampilan anak-anak asuhnya yang berhasil mengimbangi Timnas Indonesia. Roberto Bianchi pun menyatakan siap membantu timnas jika dibutuhkan.

“Target kami membuat timnas kesulitan mencetak gol berhasil. Saya juga bersedia memberikan masukan atau bantuan kepada timnas apabila diminta, sebelum mereka bermain pada Kualifikasi Piala Asia nanti,” kata pelatih yang akrab dipanggil Beto ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda