Scroll to Top

Bambang Pamungkas Diminta Pensiun dari Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Monday, 21 Jan 2013

Bambang Pamungkas Timnas

Bambang Pamungkas ternyata pernah diminta gantung sepatu dari Timnas Indonesia. Adalah sang istri, Tribuana Tungga Dewi, yang sejak tahun 2008 memohon kepada pemain yang akrab disapa Bepe itu agar mundur saja dari timnas. Apalagi di tengah kondisi konflik seperti saat ini, ”tekanan” untuk pensiun dari tim Garuda semakin menguat.

“Istri saya, dari tahun 2008, sebenarnya ingin saya pensiun dari timnas. Apalagi, dalam keadaan konflik seperti ini, saya melawan arus,” ungkap Bambang Pamungkas dalam wawancara eksklusif dengan Kompas, Minggu (20/1/2013).

Sang istri punya alasan kuat mengapa meminta suaminya mundur dari timnas. Yang paling utama adalah konsekuensi yang harus diterima Bambang Pamungkas apabila timnas tidak bermain seperti yang diharapkan. Caci-maki dari seluruh penjuru negeri harus ia terima.

”Ketika saya bermain untuk timnas Indonesia, ketika tidak memuaskan publik, maka dari Sabang sampai Merauke yang mengritik saya. Itu konsekuensi. Mungkin bagi saya, itu hal yang wajar karena itu sebuah konsekuensi yang sangat saya pahami sebagai pemain sepakbola. Tetapi, bagi keluarga, tidak semudah itu,” ujar Bepe.

”Setiap kali ada pemanggilan timnas, istri saya selalu berdoa agar  saya tidak masuk dalam daftar yang dipanggil. Tetapi, selalu istri saya kecewa. Setiap kali ada pemanggilan timnas, nama saya ada. Dan dia tahu, saya tidak akan pernah bisa menolak pemanggilan masuk timnas,” lanjut pemilik top skor sepanjang masa tim Merah-Putih ini.

Namun, Bambang Pamungkas menegaskan, membela timnas adalah tanggung jawabnya sebagai seorang pesepakbola dan warga negara meskipun ia tak memungkiri akan pensiun pada saatnya nanti.

”Tetapi, sekali lagi, saya ceritakan pada istri saya, ini tanggung jawab saya. Tanggung jawab moral saya pada sebuah olahraga yang telah memberikan segalanya bagi saya, yang telah membuat saya sampai di mana saya berdiri saat ini. Jadi, lebih kepada tanggung jawab. Dan tidak semua orang pahami itu,” tandas legenda hidup Persija Jakarta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda