Scroll to Top

Atletico Madrid vs Levante 2-0: Delapan Poin dari Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 21 Jan 2013

Atletico Madrid

Atletico Madrid berhasil memangkas jarak poin dari Barcelona menjadi delapan angka saja dalam lanjutan pekan ke-20 Liga Spanyol. Bertanding di kandang sendiri, Vicente Calderon pada Senin, 21 Januari 2013, pasukan Diego Simeone sukses memetik hasil pertandingan Atletico Madrid vs Levante skor 2-0. Pencetak gol kubu Atleti bukanlah Radamel Falcao, melainkan Adrian Lopez dan Koke. Hasil Liga Spanyol ini membuka kembali peluang Rojiblancos untuk terus menempel Barcelona, setelah sebelumnya seakan mustahil.

Diego Simeone merotasi pemain dalam laga kali ini. Diego Manquillo diberi kepercayaan untuk menjaga sektor kanan. Cebolla Rodriguez juga dihadirkan sebagai sayap kiri. Sementara Arda Turan disimpan terlebih dahulu. Meskipun bentuk ‘raga’ Atletico berubah, determinasi tinggi yang membuat mereka berjaya sepanjang musim ini, tak lenyap. Dan inilah yang terjadi dalam laga kali ini.

Rojiblancos sempat nyaris unggul lewat Radamel Falcao pada menit ketiga. Dan selebihnya, Levante sukses meredam tuan rumah, setidaknya hingga setengah jam. Ketika gigitan Atleti makin tajam, dan mulai berbuah gol.

Kebuntuan akhirnya pecah juga di menit 32. Diego Manquillo yang membantu penyerangan, memperoleh bola di kotak penalti lawan. Nalurinya sebagai bek sayap membuatnya mengirim umpan silang ke sudut dekat sekaligus mematikan Gustavo Munua yang terlanjur mengantisipasi umpannya. Falcao tak bisa menyambut, tapi di sana ada Adrian Lopez yang menghadirkan gol pembuka bagi Rojiblancos. Mimpi mendekati Barcelona, mulai dirajut perlahan.

Unggul 1-0 di babak pertama, Atletico belum mau tenang. Sementara Levante yang dikomandoi Juan Ignacio Martinez seperti biasa, menampilkan sepakbola bertahan dengan kecepatan serangan balik. Pertarungan terus berjalan ketat sebelum hadiah yang pahit sekaligus manis hadir untuk tuan rumah.

Bencana bagi Atleti datang pada menit 58. Radamel Falcao mengalami cedera. Tak mau bertaruh banyak, Diego Simeone memasukkan si bengal Diego Costa untuk menggantikan penyerang Kolombia. Dan selang dua menit setelah momen menyesakkan di Vicente Calderon, Rojiblancos mengamankan kemenangan.

Koke yang bekerjasama dengan Diego Costa, melihat posisi Gustavo Munua yang terlalu ke depan. Ditembakkannya bola melengkung untuk memaksa Levante semakin menyerah. 2-0 di menit 60.

Levante berusaha mengejar gol. Tapi, barisan belakang Rojiblancos yang dikomandoi Diego Godin terlalu apik untuk ditembus. Masuknya Jose Barkero, Juanlum hingga Roger Marti, tidak mampu membuat Pasukan Katak menembus kokohnya lini pertahanan tuan rumah. Seiring tembakan Cebolla Rodriguez yang ditolak mistar pada menit 77, Atleti terus tenang untuk menggapai tiga poin di kandang.

Hasil akhir 2-0, membuat Atletico merangsek mendekati Barcelona dengan selisih delapan angka. Perjuangan konsisten mereka sepanjang musim mungkin bisa memberikan sinyal kepada Barca, bahwa daripada mengkhawatirkan Real Madrid yang selisih golnya lebih banyak, pasukan Diego Simeone yang penuh semangat, lebih layak ‘diperhatikan’.

Atletico (4-4-2): Courtois; Manquillo, Miranda, Godín, Filipe; Tiago, Gabi (Raul Garcia ’66), Koke, Cebolla Rodríguez; Adrián (Arda Turan ’72), Falcao (D. Costa ’58)

Levante (4-2-3-1): Munúa; Pedro López, Ballesteros, Navarro, Lell; Diop, Iborra; Rubén (Roger Marti ’81), El Zhar (Barkero ’60), Míchel (Juanlu ’72); Martins

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda