Scroll to Top

Google Play Tak Luput dari Ancaman Rasisme, 2 Aplikasi Telah Dihapus

By Ibnu Azis / Published on Monday, 21 Jan 2013

Rasisme

Rasisme seolah muncul di mana-mana. Tak terkecuali di Google Play. Tercatat ada dua aplikasi yang disinyalir menjurus ke arah rasis dan akhirnya harus dicabut setelah kritik keras membanjir.

Jika berbicara tentang rasisme biasanya tindakan ini kerap dijumpai di lapangan hijau. Tidak sedikit kasus tersebut terjadi di lapangan atau luar lapangan. Sering kali kasus serupa terjadi di media sosial.

Dua aplikasi di Google Play: Make Me Asian dan Make Me Indian, dua aplikasi besutan pengembang Kimberly Desiss harus dihapus setelah ‘berkeliaran’ di ‘pasar aplikasi’ Google sejak November 2012.

Keduanya dipandang mengandung konten rasis dengan menjurus ke dua etnis tertentu: Asia dan Indian. Sesuai namanya, dua aplikasi tersebut akan mengubah penampilan pengguna menjadi seperti orang Asia dan India.

Make Me Asian memungkinkan pengguna untuk bertranformasi seperti orang China, Jepang, Korea, dan etnis Asia lain dengan menambahkan ornamen-ornamen tertentu. Misalkan topi ala petani China atau kumis Fu Manchu dan kulit berwarna (kuning).

Sedangkan Make Me Indian fiturnya serupa namun memungkinkan mengubah tampilan pengguna seperti orang dari suku Indian. Misalkan saja dengan hiasan khas kepala suku serta riasan wajah ala Indian.

Change.org lewat sebuah petisi yang ditandatangani tak kurang 8.500 orang meminta Google untuk mencabut dua aplikasi tersebut. Mereka keberatan akan keberadaannya yang memicu polemik berbau rasis.

Alhasil dua aplikasi kontroversial tersebut dihapus. Dan bahkan Google juga mencabut dua aplikasi Kimberly Desiss lainnya: Make Me Bald dan Make Me Old dengan alasan yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda